Upacara Mantenan Tebu, Upacara Tradisi Kabupaten Lumajang


Lumajang adalah salah satu Kabupaten yang terletak di pesisir selatan bagian timur Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk sebanyak 1.075.355 jiwa serta memiliki luas areal 1.790,90 Km2, terbagi atas 21 Kecamatan yang terdiri dari 198 Desa dan 7 Kelurahan.

Batas-batas wilayah Kabupaten Lumajang meliputi : sebelah barat Kabupaten Malang, sebelah timur Kabupaten Jember, sebelah utara Kabupaten Probolinggo dan sebelah selatan Samudra Hindia.

Kabupaten Lumajang terdiri dari daratan yang subur karena diapit oleh tiga gunung berapi, yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lamogan, sehingga sangat berpotensi sebagai daerah agraris , tidak terkecuali tanaman tebu (gula). Adalah tanaman yang menyebar di Jawa Timur ini, juga terdapat di Kabupaten Lumjang.

Kabupaten Lumajang mempunyai potensi yang sangat luar biasa terhadap kekuatan kultur budayanya yang menyatu  dalam kehidupan masyarakatnya, perpaduan etnis Jawa, Madura dan Tengger menjadikan Kabupaten Lumajang kaya akan budaya serta kesenian daerahnya.

Upaca yang berkaitan dengan tubu ini Penyelenggaraannya terdapat di Kecamatan Jatiroto, disebut upacara  Mantenan Tebu. upacara ini Fungsi dari Upacara ini bertujuan sebagai ucapan syukur dan permohonan keselamatan Waktu pelaksanaan Pada saat buka giling tebu. Siwhoto

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Goresan Tim Pustaka  Jawatimuran – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Sumber; Data & Foto Kantor Pariwisata Kabupaten Lumajang, Surabaya, 2012

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Lumajang, Seni Budaya, Th. 2012 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s