Ayub Abdul Djalal


12 Februari 1946, Ayub Abdul Djalal lebih dikenal dengan nama Djalal Surya Grup lahir di Mojokerto, Jawa Timur, adalah seorang pelawak legendaries Indonesia di era tahun 1970-an. dengan tubuh besar dan dialek Madura yang kental menjadi andalannya.

Tahun 1967-1976, Djalal menjadi pengajar di SKKP Negeri Surabaya

Tahun 1974, Memulai karirnya di dunia lawak membentuk grup lawak Surya grup bersama Herry Koko, Suprapto (Sinyo/Esther), dan Sunaryo (Susy). Grup ini malang melintang dari panggung kepanggung serta tampil di tvri satu-satunya stasiun televise.  saat itu. Surya grup sempat menelurkan beberapa album lawak seperti : Sinyo Gombal, Sinyo main Sandiwara,  Sinyo Membolos, Sinyo Minta Mami, Suamiku Tergadai.

Tahun 1975, Seiring dengan karir di dunia lawak, Djalal mencoba peruntungan dengan terjun ke dunia film, awalnya hanya sebagai figuran tapi berhubung makin beken di dunia lawak akhirnya  sering diajak main film seperti  Ganasnya Nafsu (1975)

Tahun 1976,  Karirnya di film semakin mengorbit, selanjutnya ia mendapat peran utama dalam “Inem Pelayan Sexy”, Namanya namanya kian melambung lewat film komedi Inem Pelayan Sexy bersama aktris Doris Callebaute, penyanyi senior Titiek Puspa , Aedy Moward dan pelawak Srimulat terkenal Karjo AC-DC. Inem Pelayan Sexy.

Tahun 1977,  Djalal diangkat sebagai karyawan Kanwil Departemen P&K Surabaya. dan pada tahun  yang sama (1977) membintangai film Jalal Kawin Lagi , Jalal Kojak Palsu, Karminem

Tahun 1978 Film Inem Pelayan Sexy meledak dan menyabet penghargaan Piala Antemas pada Festival Film Indonesia sebagai film terlaris tahun 1977-1978. Prestasi ini membuat  sang sutradara Nya’ Abbas Akup melanjutkan serinya yaitu Inem Pelayan Sexy 2 dan Inem Pelayan Sexy 3. Serta membintangi Zaman EdanIstri Dulu Istri Sekarang

Tahun 1980, Djalal wafat karena serangan jantung yang disebabkan karena kegemukan.

 

Suber :

http://jamansemana.com/dhagelan/surya-group/
http://profil.merdeka.com/indonesia/d/djalal/

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Mojokerto, Sosok, Th. 2011 dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ayub Abdul Djalal

  1. darti berkata:

    pengunjung dari luar negri banyak juga ya, bagus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s