Aneka Ayam Panggang Bu Setu, Kabupaten Magetan


Aneka Ayam Panggang Bu Setu Menggoda Selera yam panggang Nggandu, ya begitulah kebanyakan orang mengenalnya centra masakan ayam panggang ini. Warung ayam Nggandu yang selalu ramai pembeli itu terletak sekitar 2 kilometer arah utara pabrik gula Purwodadi, Kecamatan Karangrejo, Magetan. Setiap hari, warung ayam panggang yang dikelola Bu Setu ini nyaris tidak pernah sepi.

Karena itu, tidak ada salahnya, jika anda berkunjung ke Magetan atau tengah melewati Nggandu, jangan lupa untuk mencoba kenik- matan ayam panggang Nggandu. Di warung yang dikelola Bu Setu ini, beraneka menu olahan ayam panggang ada di sini. Yang istimewa lagi, ayam panggang di sini dijamin asli ayam kampung.

Untuk urusan menu, di warung Bu Setu ini anda bisa merasakan nik- matnya aneka masakan khas ayam panggang Magetan. Ada ayam panggang urap, ayam panggang botok pelas, ayam panggang sambel korek, ayam panggang bumbu rujak, ayam panggang bumbu lodho dan lain-lainnya. Anda tinggal pilih se­suai dengan selera.

Dengan racikan bumbu khas Bu Setu, akan membuat lidah kita se­rasa ingin terus menikmatinya. Yang membedakan dengan ayam panggang lainnya adalah rasa bum­bunya yang begitu meresap, seakan menyatu dengan daging ayam. Ke­nikmatan ayam panggang Bu Setu itu semakin terasa dengan sam­balnya yang khas, sehingga me­nambah selera makan kita.

” Bumbu ayam saya sebetulnya tidak ada rahasianya, semuanya sama dengan bumbu panggang di- mana-mana tempat, terdiri dari bawang merah, bawang putih, ke­miri, kunyit, dan bumbu- bumbu la­innya sama. Kalau sampai sekarang banyak orang tertarik makan di sini, itu semata-mata karena kami bisa mempertahankan mutu dan banyak sedikitnya bumbu yang diberikan,” jelas Bu Setu merendah.

Soal harga makanan, ayam panggang Bu Setu untuk ukuran Magetan tidak terlalu mahal, sebanding dengan kepuasaan yang diperoleh konsumen. Dengan ha­nya Rp 60.000, anda sudah mendapatkan satu ayam panggang de­ngan menu yang beraneka jenis, di tambah minuman segar sebagai penghantarnya.

Saat ini dengan tenaga pembantu 30 orang, Bu Setu setiap hari biasa memanggang 20 sampai 50 ekor ayam. Sedangkan pada musim li­buran atau musim-musim tertentu, seperti hajatan, kesibukan warung Bu Setu semakin betambah. Ia bisa sampai menghabiskan ayam hingga 1.000 ekor.

“Saya sudah lama menjadi pe­langgan warung Bu Setu ini. Apa­lagi kalau pas lebaran atau ada aca- ra-acara tertentu, saya pasti pesan di sini. Maklum, rasanya sudah me­nyatu dengan lidah kita. Rasa ayam olahan Bu Setu ini sangat khas, berbeda dengan ayam panggang di warung lainnya,” terang Marmi, sa­lah satu penggemar ayam panggang Bu Setu mengomentari, (maksum)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SUARA DESA, Edisi 07, 15 Agustus -15 September 2012. hlm. 35

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Magetan, Th. 2012, Wisata Kuliner dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Aneka Ayam Panggang Bu Setu, Kabupaten Magetan

  1. slamet berkata:

    info yang bagus, boleh dicoba…..

  2. dewiannamaria berkata:

    harus dicoba ya… liat dari profilnya kyaknyak laziiess……

    • Maaf Kami Pusaka Jawatimuran hanya memdekatkan info tentang Jawa Timur pada masyarakat pembaca, namun jangan khawatir bila kru kami dinas luar keNganjuk pasti mampir, lebih-lebih diantara kru kami ada yang berasal dari nganjuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s