Ari Lasso, Madiun


17 Januari 1973,  Ari Bernardus Lasso lahir di Madiun, Jawa Timur, dari pasangan Bartholomeus B. Lasso dan Sri Noerhida, public lebih mengenal dengan nama Ari Lasso

Saat remaja Ari sekolah di SMA 2 Surabaya, bersama kawannya Juniarso yang menjadi drummer pertama Dewa 19 dan Piyu yang kelak menjadi gitaris PADI, membentuk sebuah band bernama Outsider Band. Kemudian ia bergabung dengan Lost Angels Band, yang kelak menjadi Boomerang. Sejak pertemuannya dengan personel Down Beat yang terdiri Dhani, Erwin dan Andra, ia merasa cocok sehingga mulai bermain musik bareng. Pertemanan mereka kemudian berlanjut dengan pembentukan band Dewa 19.

Ari  kemudian bergabung dengan Down Beat, yang kemudian berganti nama menjadi Dewa, dan berubah lagi menjadi Dewa 19. Band ini menjadi besar, dan hampir setiap album yang dikeluarkan terjual ratusan ribu kopi. Di tengah kesibukannya menjadi personel Dewa, Ari berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Ari beristrikan Vita Desy (yang punya saudara kembar) dan anak  Aura Rifanya Maharani dan Olla.

Tahun 1991-1999,  penyanyi pop Indonesia ini tercatat sebagai vokalis grup band Dewa 19.

Tahun 1993, sebagai vokalis band “Dewa 19.” Melalui perjuangan yang panjang akhirnya “Dewa 19” berhasil masuk dapur rekaman dan berhasil mengantongi penghargaan sebagai ‘Pendatang Baru Terbaik’ dan ‘Album Terlaris’ versi BASF Award 1993 lewat hit Kangen

Tahun 1994, Berlanjut makin hari Dewa 19 makin populer, sehingga nama Ari Lasso pun makin meroket.

Tahun 1995, menyusul album “Format Masa Depan. Terbaik Terbaik”.

Tahun 1997, merilisnya album Pandawa Lima, sejak itulah hubungan Ari dengan Dewa 19 mulai memburuk, tampaknya Ari belum siap menjadi penyanyi terkenal sehingga terjerumus dalam narkoba. Keterlibatannya dengan narkoba tidak bisa ditolerir Dhani dan personel Dewa 19 lainnya. Puncaknya perpecahan dengan dipecatnya Erwin, Wong Aksan dan akhirnya Ari dari Dewa 19.

Tahun 1999, setelah album The Best Of Dewa 19 , akhirnya ia dikeluarkan oleh Ahmad Dhani sebagai anggota Dewa, dan posisinya sebagai vokalis digantikan oleh Once. Meski demikian, Ari sempat menjadi backing vocal lagu Roman Picisan dalam album Dewa Bintang Lima.

Ari lalu pulang ke Surabaya dan bergulat dengan dirinya untuk menyembuhkan diri. Sampai akhirnya datang tawaran dari Melly Goeslaw untuk duet. Dengan tekad yang kuat, akhirnya  bisa lepas dari ketergantungan narkoba. Salah satu peristiwa yang mendorongnya untuk memulihkan diri adalah ibunya. Setelah resmi keluar dari Dewa, Ari mulai menggarap album solonya. Ari muncul kembali ke dunia hiburan, tampil duet bersama Melly Goeslaw, yang kemudian sukses besar di pasaran.

Desember 2000. akhirnya ia dapat bebas mampu mengusir ketergantungan adalah niatnya yang kuat.

8 Desember tahun 2000, ibunya meninggal disebabkan sakit kanker.

Tahun 2000. meraih penghargaan Artis Solo Pria Terbaik Kategori Pop.

Tahun 2001 Ari merilis album solo pertamanya “Sendiri Dulu”, yang juga sukses besar dengan tembang andalannya Misteri Ilahi. Di album ini ia dibantu oleh Bebi (Romeo), Bimo Sulaksono (Romeo, ex-Netral), Erwin Prasetya (ex-Dewa 19), Andra (Dewa 19), Bongky (BIP, ex-Slank), Anto Hoed (Potret), Denny Chasmala, dan Andi Rianto.

Tahun 2002,  Artis Solo Pria Terbaik Kategori Alternatif versi Anugerah Musik Indonesia-Sharp Awards.

Tahun 2003,  kembali merilis album keduanya “Keseimbangan”. Pada album ini ia menggandeng musisi-musisi hebat seperti Ahmad Dhani, Piyu (Padi), Andra (Dewa), Bebi Romeo, Ricky (Five Minutes), Marshal (ADA Band, ex-Dr.PM).

Tahun 2004 ia merilis album ketiganya “Kulihat Kudengar dan Kurasakan”, dimana salah satu lagunya menjadi sound track film layar lebar dengan judul sama, Mengejar Matahari.

Tahun 2005, memperoleh penghargaan “Best Inspirational Artist Penghargaan MTV Indonesia”.

Tahun 2006Ari mengeluarkan album keempatnya dengan tajuk “Selalu Ada”. Di album ini, lagu Cinta Terakhir menjadi andalannya.

Tahun 2007, Ari merilis album “The Best of” dengan salah satu lagunya, Aku dan Dirimu, di mana Ari duet bersama Bunga Citra Lestari.

Tahun 2009, album singgel “Pengasihmu”.

Tahun 2010, menyusul album singgel “I Have A Dream”.

Tahun 2011, Single Ari Lasso Feat Sandy Canester Satu Cinta – Kata Siapa.

Tahun 2012, Ari meluncurkan sebuah album yang diberi judul Yang Terbaik. Album ini hanya dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia. Album ini memuat delapan single pilihan dari lima album studio sebelumnya, ditambah enam lagu terbaru “Kisah Kita”, “Karena Aku Tlah Denganmu”, “Cintailah Aku Sepenuh Hati”, “Satu Cinta”, “Doa Untuk Cinta” dan “Cinta Adalah Misteri”. Ari juga termasuk musisi yang sukses menjual albumnya di gerai KFC seperti Cinta Laura, Indah Dewi Pertiwi, Agnes Monica, SM*SH, T.R.I.A.D, Rossa, Slank, Last Child, Ello, Sammy Simorangkir, Armada dan Ungu.

Minggu 1 April 2012, Sebelum konser, Ari Lasso dan Andra and the Backbone mengadakan klinik musik dan meet and greet pada untuk menyapa para penggemar mereka di Melbourne dan juga untuk memberikan tips bermusik kepada pemusik-pemusik lokal.

Selasa 3 April 2012 malam, menggelar konser amal untuk membangun sekolah masyarakat miskin di Makasar. Sokola Pesisir Mariso, Ari Lasso, Andra and the Backbone juga ikut berpatisipasi dalam konser amal yang diselenggarakan di Melbourne, Australia. Selama konser, video pendek memperkenalkan aktivitas Sokola pun diputar untuk mengetuk hati warga Australia dan Indonesia yang ada di Melbourne. Di sela-sela persiapan konser, Ari Lasso dan Andra Ramadhan sama-sama mengaku bersemangat membantu kegiatan amal ini.

Konser amal yang bertajuk INDONATION Save the Nation, Make Donation! Yang berlangsung di Melbourne City Convention Center ini digelar oleh Persatuan Pelajar Indonesia Australia cabang Deakin University bekerjasama dengan Komunitas Anging Mammiri Melbourne, organisasi masyarakat Bugis Makassar di kota Melbourne, Australia.

Penghargaan lain yamg diperoleh Artis Solo Pop Pria terbaik Penghargaan Anugrah Musik Indonesia ke-11, Penghargaan platinum Aquarius Musikindo. =SiWh0T0=

http://funnyball.blogspot.com/2012/01/biografi-ari-lasso.html
http://pojokearashi.wordpress.com/2009/05/07/biografi-ari-lasso/
http://www.ceritamu.com/Info/Individu/Ari-Lasso

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Madiun [Kota], Sosok, Th. 2012 dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s