Gembyangan Waranggono, Kabupaten Nganjuk


Kabupaten Nganjuk dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah setiap tahun menggelar acara tradisi Gembyangan Waranggono. Secara tradisi khususnya bagi masyarakat Desa Sambirejo Kecamatan Tanjunganom, acara yang bernuansa sakral tersebut diadakan setiap Hari Jum’at Pahing.

Tempat yang hingga kini masih dipercaya memiliki nilai magis adalah Sumur Mbah Ageng, dimana sejak sepuluh tahun silam dilokasi tersebut sudah didirikan Padepokan Langen Tayub Anjuk Ladang Dipadepokan inilah para calon waranggono dilatih, baik olah vokal, titi laras gending, serta kepribadian, sebelum mereka di gembyang (diwisuda-red).

Bahkan, bagi calon waranggono juga diwajibkan untuk pentas dari rumah kerumah di sekitar padepokan untuk melatih mental, jelas Waras Riyanto, Kasi Kesenian Masyarakat Disparbuda Nganjuk.

Acara ritual gembyangan waranggono diawali kegiatan ritual sehari sebelumnya yaitu pengambilan air Sedudo, yang kemudian air itu disatukan dengan air Sumur Mbah Ageng, guna dijadikan jamas peserta keesokan harinya, saat sebelum mereka memasuki perhelatan gembyangan.

Ritual Gembyangan kali ini dipimpin oleh Sukardi selaku ketua Hiprawarpala yaitu sebuah organisasi para pramugari (pemimpin pagelaran-red) dan para waranggono langen bekso.

Sampai saat ini berdasarkan data dari Disparbuda Kabupaten Nganjuk jumlah waranggono di Nganjuk ada 79 orang termasuk 12 waranggono yang baru saja menjalani prosesi gembyangan Jum’at lalu.Terbanyak berada di Dusun Ngrajek Desa Sambirejo, tambah Waras Riyanto.

Pada prosesi gembyangan tahun ini selain dimeriahkan tampilnya seluruh waranggono senior juga ditampilkan gelar seni dari 25 mahasiswa Unessa jurusan Sendratasik (seni drama tari dan musik-red) yang sedang melakukan praktik karya nyata di Desa Sambirejo.

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:DERAP Anjuk Ladang, Edisi 180 Th. 2008, 28

 

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Nganjuk, Seni Budaya, Th. 2008 dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s