Utami Dewi Kenard, Surabaya


Utami Dewi Kenard Ikut Merebut Piala Uber

Utami Dewi KenardPada 1975 Utami ikut andil merebut Piala Uber dalam kejuaraan yang diadakan di Jakarta. Ketika itu, Indonesia mengalahkan juara bertahan Jepang. Itu untuk kali pertama Indonesia merebut Uber Cup.

Utami Dewi merupakan salah seorang adik Rudy Hartono yang berprestasi luar biasa, la bisa bermain tunggal maupun ganda dengan sama bagusnya. Sukses tersebut ia peroleh berkat ketekunan dan disiplin
tinggi dalam latihan-latihan dan bimbingan dari ayahnya, Zulkarnain Kurniawan, yang telah merubah Rudy Hartono menjadi pemain bulutangkis yang sensasional.

Pada 1975 Utami ikut andil merebut Piala Uber dalam kejuaraan yang diadakan di Jakarta. Ketika itu, Indonesia mengalahkan juara bertahan Jepang. Itu untuk kali pertama Indonesia merebut Uber Cup. Utami diturunkan sebagai pemain tunggal kedua untuk mendampingi Minarni(tunggal pertama) dan Tati Sumirah(tunggal ketiga). Indonesia kala itu juga memiliki dua pasangan ganda yang tangguh. Yang pertama adalah ganda Minarni/Retno Kustiyah, sedangkan yang kedua adalah Theresia Widiastuti/lmelda Wiguna.

Utami sudah tiga kali memperkuat tim Piala Uber Indonesia. Pada 1969, Utami juga memperkuat tim Uber Cup Indonesia. Namun, dalam kejuaraan di Tokyo, Jepang itu tim Indonesia gagal memboyong piala bergengsi tersebut.

Pada 1972 kembali Utami dipercaya memperkuat tim Piala Uber. Kejuaraan kembali digelar di Tokyo, Jepang. Dan, lagi-lagi Indonesia gagal merebut Piala Uber dari tangan^uara bertahan Jepang.

Selama menjadi pemain nasional Utami sudah mengunjungi beberapa Negara. Antara lain Amerika Serikat(1972), Australia(l975), inggris{1972 dan 1975), Jepang(1969 dan 1972), Jerman{1972), Ma!aysia(1975) dan Thailand(1970).

Pada tahun 1975, Utami mencapai prestasi tertinggi dalam kejuaraan bulutangkis All England di Wembley London, la mampu melaju ke babak semifinal. Tiga tahun sebelum itu, Utami juga diberangkatkan ke turnamen Ali England. Namun, ia gagal menembus babak semifinal.

Untuk kawasan Asia, Utami pernah menjadi juara tunggal wanita kejuaraan ABC (Asian Badminton Championship) di India pada 1970. la lalu merebut gelar juara tunggal wanita Asia ketika kejuaraan dilangsungkan di Jakarta pada 1971. Sedangkan dalam kejuaraan yang sama pada 1975 di Kuala LumpurUtami hanya menduduki peringkat ketiga.

Di Asian Games VI Bangkok pada 1970 Utami meraih medali emas untuk nomor ganda wanita. Sedangkan di Olimpiade Munich pada 1972 ia menduduki peringkat kedua di nomor tunggal wanita.

Utami, yang lahir di Surabaya’pada 1951, pernah tiga kali menjadi juara Indonesia (juara Nasional) untuk nomor tunggal wanita. Yakni pada 1967, 1970 dan 1972. Di PON (Pekan Olahraga Nasional) Utami juga berjaya. Pada PON VII di Surabaya 1969 ia meraih medali emas baik di nomor tunggal maupun ganda wanita. Medali emas berhasil ia pertahankan di PON VIII/1973 Jakarta untuk nomor tunggal wanita. Sedangkan di PON IX/1977 Jakarta Utami membawa regu Jawa Timur merebut medali emas.

Karirnya diawali dengan menduduki peringkat kedua kejuaraan Indonesia untuk nomor ganda wanita pada 1964. Ketika itui, ia berpasangan dengan Erna Matale. Utami, yang menikah dengan pria Amerika Chris Kenard, saat ini tinggal di Negara Paman Sam itu. Di sana, ia kadang-kadang diminta menjadi pelatih.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Johnny Budi Martono & Mulyono. Buku Peringatan 100 Tahun POR Suryanaga, Surabaya: Suryanaga, 2008.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sosok, Surabaya, Th. 2008 dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s