Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura


Zaman purbakala pulau ini diperintah oleh seorang Bupati yang diberi gelaran Panembahan (Adipoday) ayah dari Joko Tole. la punya kuburan sehingga sekarang dikeramat-keramat oleh orang seluruh kepulauan Madura dan daerah Besuki. Rupa-rupa cerita ada yang berupa apa yang disebutkan ” legenda ” yang dibicarakan dikalangan Rakyat didaerah-daerah yang tersebut diatas. Pulau-pulau yang masuk didaerah Sapudi ialah : Raas, Keramian (dekat Kalimantan), Salembu (sa = nusa = tempat), Guwa-Guwa dan lain-lain pulau kecil-kecil.

Pulau Sapudi tersohor sumbernya sapi. Sapi yang tiap-tiap tahun dikeluarkan dari itu pulau tidak seimbang apabila dibanding dengan keadaan dan luasnya itu pulau. Menurut kepercayaan orang, keadaan yang demikian itu, disebabkan oleh sesuatu sumber yang dibikin oleh Adipoday, yang melekat dihati rakyat sebagai pemimpin rakyat yang sejati yang tetap peraturan-peraturannya didalam memelihara sapi dan bercocok tanam dijalankan sehingga sekarang dengan orang tidak berani merubahnya. Penduduk dari itu kepulauan tersohor (di Madura) sebagai pelaut yang ulung dan berani sehingga dengan perahu kecilnya berlayar kedaerah-daerah Tiongkok dan Singapura, terutama penduduk dari pulau Raas.

Juga orang-orang Raas dapat tahan lama menahan napasnya tidak dengan memakai perkakas untuk berenang mengambil akar bahar, mutiara dan lain-lain hasil laut dari dasarnya lautan. Hasil-hasil dari itu kepuluhan jalah kopra dan lembu. Lain-lain kepulauan didaerah-daerah Sumenep tidak diceritakan, hanya dapat kami sebutkan, bahwa daerah Kabupaten Sumenep apabila dibandingkan dengan lain-lain daerah dikepulauan Madura, oleh karena pulau-pulau kecil-kccil disekitarnya adalah yang terbesar didalam arti hasil buminya perdagangannya, pemutaran perekonomiannya ditambah pula dengan adanya perusahaan garam yang terbesar diseluruh Indonesia.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Sejarah PERMULAAN JADINYA PULAU MADURA
, 4 Maret 1951, hlm. 58

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sejarah, Sumenep, Th. 1951 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura

  1. ach fadali berkata:

    dhally menunggumu kangen pulau sapudy

  2. ach fadali berkata:

    krna qqw rang sapudy……?????

  3. ach fadali berkata:

    buat are’-are’ sapudi(ARMADAS) SALAM KANGEN…..????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s