Mbah Surip, Kota Mojokerto


mbahsurip6 Mei 1957, Urip Achmad Rijanto lahir di Mojokerto, Jawa Timur.  Selanjutnya lebih populer dengan panggilan Mbah Surip. anak keempat dari tujuh bersaudara dari Sukotjo (alm.) dan Rasminah (alm.) tinggal di Jalan Magersari Gang Buntu, kelurahan Magersari, Mojokerto, Jawa Timur. beserta keluarga besarnya.

Tahun 1970, Urip menyelesaikan sekolahnya di SD Negeri Purwotengah II , kehidupan masa kecilnya tergolong sulit dia harus bekerja membantu orang tuanya yang berjualan kikil sejak kecil. Dia sempat bekerja sebagai pedagang asongan.

Tahun 1974, Urip lulus Sekolah Teknik Pasna Wiyata.

Tahun 1977, Urip kemudian lulus STM Brawijaya.

Tahun 1979, Urip kuliah di Fakultas Teknik Mesin Universitas Sunan Giri Cabang Mojokerto (sekarang lokasi SMK Raden Patah).

Urip menikah dengan Minuk Sulistyowati Setelah lulus kuliah, dan dikaruniai empat anak, antara lain Tita, Farid (yang kemudian menjadi manajer Urip di Jakarta), Krisna, dan Ivo Winda. juga sebagai kakek dengan empat cucu. Meski sudah memiliki empat anak, saat itu Urip masih belum memiliki pekerjaan tetap. Urip sempat bekerja sebagai tukang sobek karcis di bioskop Indra di daerah alun-alun kota Mojokerto.

Mbah Surip pernah mendapatkan penghargaan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk kategori menyanyi terlama. Ia pernah ikut membintangi beberapa film dan beberapa kali tampil di televisi.

Sebelum menjadi seniman, Mbah Surip mengaku pernah menjalani berbagai macam profesi. pernah bekerja di pengeboran minyak serta tambang berlian. Juga mengklaim memiliki gelar Doktorandus, Insinyur, dan MBA, serta pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California, menciptakan lagu Tak Gendong saat berada di Amerika Serikat.

Tahun 80-an, Urip merantau ke Jakarta. Diduga karena merantau terlalu lama, istrinya yang berada di Mojokerto akhirnya memutuskan untuk bercerai. Setelah perceraian tersebut, Urip tetap menduda, tidak menikah lagi hingga ia menghembuskan napasnya yang terakhir.

Tahun 1997, mengeluarkan album Ijo Royo-Royo.

Tahun 1998, menyusul album Indonesia I dan Reformasi.,

Tahun 2003, album lagu Tak Gendong,  melejitkan Urip  dengan  gaya dan tertawanya yang unik. Lagu ini diciptakan pada tahun 1983, sewaktu di negara Paman Sam.

Tahun 2004, Barang Baru

Tahun 2009, Tak Gendong Bangun Tidur – Kompilasi

Tahun 2009, album singgel Dielus-elus

Selasa 4 Agustus 2009 pukul 10.30 WIB pagi, Mbah Surip tutup usia pada umur 52 tahun. Jenazah dimakamkan di pemakaman keluarga W.S. Rendra, di Depok, Jawa Barat yang lokasinya berdekatan dengan lokasi Bengkel Teater Rendra di Kampung Rawa RT 002/05 Cipayung Jaya, Cipayung, Depok, Jawa Barat.

=S1Wh0T0=

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Mojokerto [Kota], Th. 2012, Tokoh dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s