Batik Khas Gresik


Mencari Ikon Batik Khas Gresik.

KETUA panitia lomba batik khas Gresik, 2012, Moch. Najikh, melaporkan bahwa pelaksanaan lomba desain batik khas Gresik berdasarkan Surat Keputusan Dekranasda Jatim Nomer 051/ Dekran. JatimSK/VI/2011 dan SK Ketua Dekranasda Kabupaten Gresik No. 42/ Dekran Gresik/Sek/X/ 2012.

Tujuan lomba adalah memberikan semangat kepada masyarakat untuk mencintai, memahami secara nyata desain batik Gresik. Memberikan kesempatan kepada masyarakat guna mempelajari motif batik khas Gresik serta melestarikan budaya batik, bisa menggali potensi daerah untuk mengembangkan kekayaan motif batik khas Gresik.

Biaya lomba didapat dari APBD Kab. Gresik tahun 2012 dan bantuan dari pihak ketiga. Sebagai juri dari komunitas batik Surabaya dan Gresik. Pemenang lomba akan diumumkan pada 22 Desember mendatang sekaligus memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember.

Bupati Gresik, Dr. H. Sambari Halim Radianto, dalam paparannya mengatakan di Gresik banyak pengrajin batik, tapi belum memiliki nama seperti bati Pekalongan, Solo, Jogya dan kota/ Kab. lain. Dengan diselenggarakannya lomba ini, diharapkan batik Gresik menjadi ikon, harap bupati.

Motif desain bebas dan menggambarkan Gresik sebagai kota Wali dan kota Santri dengan kondisi geografis, potensi sumber daya alam dan seni budaya Gresik. Gresik juga banyak yang bisa digali dalam lomba ini, di pelabuhan ada pemancingan, kapal penumpang Gresik- Bawean, dan ada potensi lainnya. .

Sementara itu Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab Gresik Hj Maria Ulfah Sambari HR di saat meninjau para peserta lomba menjelaskan bahwa saat ini Kab Gresik belum memiliki Ikon batik khas Gresik. Kalau toh ada yang beredar, itu hanya ide dari seseorang saja, makanya untuk mewujudkannya, kami mengadakan lomba Desain Batik Khas Gresik.

“Dengan lomba semacam ini diharapkan tumbuh motif-motif batik yang bisa mewakili Kab Gresik. Sebenarnya banyak motif atau ciri khas peninggalan pendahulu kita, seperti gapuro, pudak, ikan bandeng, betoyo Guci yang mempunyai cerita tersendiri serta banyak sekali yang lainnya, (har)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  EDISI 75, TAHUN VII, DESEMBER 2012, hlm. 18

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Gresik, Kesenian, Th. 2012 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Batik Khas Gresik

  1. Ping balik: makanan khas pantai ayah | Info Wisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s