Pusaka Tradisi Batik Madura


BATIK001Sudah tak diragukan lagi Jawa Timur memiliki potensi di bidang batik. Bahkan pada 2010 lalu memecahkan rekor Muri (Museum Rekor Dunia Indonesia) motif batik terbanyak dengan 1.120 dari 22 di antara 38 kabupaten/kota di provinsi tersebut.

KEBANGGAAN itu serasa menyejukkan, tetapi jika tidak diimbangi dengan kreativitas dan inovasi maka sia-sialah keberadaan motif-motif yang dimungkinkan terus berkembang itu.

Kekayaan motif batik Jatim memang sudah dikenal publik, terutama batik Madura yang cenderung men­corong dengan warna-warna yang ngejreng. Belum lagi batik gentongan yang harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Batik-batik itu menjadi pu­saka tradisi masyarakat setempat.

Lantas seperti apakah kekhasan batik Madura dan batik-batik pesisir pantai utara (Pantura) yang juga memi­liki ciri khas-khas masing-masing? Sejauh manakah kreasi para pembatik dalam memertahankan produk dan usa­hanya?

Suramadu (Jembatan Surabaya-Madura) tak sekadar ikon penting perkembangan pembangunan di Jawa Timur. Jembatan yang menghubungkan Pulau Madura dengan Pulau Jawa ini menjadi akses utama dalam menumbuhkan semangat ekonomi di Madura.

Salah satu bukti nyata adalah dengan mulai melu­asnya kerajinan batik asal Bumi Sakera ini. Tak sekadar komoditas wilayah, batik Madura juga memiliki latar be­lakang tradisi yang mengikat. Seperti apa?

BATIK002Berbicara mengenai batik Madura seperti hal­nya membicarakan karakter masyarakat tempat batik itu dihasilkan. Batik gentongan, misalnya, yang di setiap motifnya tidak pernah mening­galkan unsur merah. Baik sebagai warna dominan atau gradasi warna. Unsur merah umumnya dimi­liki oleh batik dari pesisir yang terkenal sangat berani memainkan warna cerah dan kuat.

Batik gentongan juga memiliki nilai filosofi khusus dari segi pembuatannya. Setidaknya itu yang dituturkan oleh para perajin batik genton­gan yang berasal dari KecamatanTanjung Bumi. BatikTanjung Bumi disinyalir memiliki kekhasan dengan munculnya kharisma si pemakai. Ini me­rupakan salah satu kelebihan yang hanya dimiliki batikTanjung Bumi. *

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Galeria; Media Dekranasda Jawa Timur, Edisi 09, November-Desember 2012, hlm. 7-8.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Madura, Th. 2012 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s