Pamekasan Membatik


BATIK Madura2SEDANGKAN buku’Pamekasan Memba­tik’adalah bukti nyata perkembangan batik di daerah tersebut. “Saya kira buku ini layak untuk dimiliki oleh khalayak umum yang memiliki rasa kecintaan terhadap pelestarian budaya bangsa In­donesia, terutama kerajinan batik,” tutur Bude Karwo.

Lebih dari itu, lanjut dia, buku ini mampu memberikan inspirasi bagi pera­jin, desainer dan pecinta batik untuk terus menggali, mengembangkan dan melestarikannya sebagai budaya bangsa Indonesia.

Penulis buku’Pamekasan Membatik’ edisi kedua, Kadarisman Sastrodiwirjo, mengatakan, edisi kedua dirilis bermula dari saran Bude Karwo yang meminta buku ‘Pamekasan Membatik’ yang telah dicetak dalam jumlah terbatas, diberi edisi Bahasa Inggris.

“Oleh karenanya, atas usaha dan upaya teman-teman, jadilah buku edisi kedua ini,” ujar Kadarisman yang juga menjabat Wakil Bupati Pamekasan.

la mengatakan, buku’Pamekasan Membatik’ini awalnya berupa buku ke­cil yang disiapkan saat Gubernur Jatim, Soekarwo, mendeklarasikan Pamekasan sebagai ‘Kabupaten Batik’ pada 24 Juni 2009 silam.

Ternyata buku kecil itu banyak dijadi­kan acuan, kecuali itu sangat jarang buku atau tulisan tentang batik Madura. “Itulah antara lain yang mendorong kami untuk mengembangkannya menjadi buku,” kata Kadarisman.

Sedangkan Bupati Pamekasan, Drs KH Kholilurrahman, SH, MSi, mengatakan, batik dapat dilihat dari dua sisi. Pada satu sisi, batik merupakan ekspresi ikon buda­ya kebanggaan bangsa pada umumnya, dan orang Madura pada khususnya.

Sisi yang lain, batik merupakan komodi­tas yang potensial bagi pengembangan perekonomian masyarakat. Karena itu perlu ada upaya yang serius dan berkelan­jutan untuk mengembangkannya.

Bupati sangat salut, bangga serta memberikan apresiasi yang sangat tinggi pada penulis buku ‘Pamekasan Memba­tik’. “Saya berharap, buku ini memerkaya khazanah pengetahuan masyarakat ten­tang batik Madura,” ujarnya.

GALERÍA; MEDIA DEKRANASOA JAWA TIMUR, EDISI, 09 , NOVEMBER – DESEMBER 2012, hlm.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Pamekasan, Th. 2012 dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s