Drs. Suyadi, Pak Raden, Kabupaten Jember, Jawa Timur


Drs. Suyadi 128 November 1932, Drs. Suyadi lahir di Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur Indonesia. anak ketujuh dari sembilan bersaudara.

Tahun 1952-1960, Suyadi  menyelesaikan studi di Fakultas Seni Rupa di Institut Teknik Bandung (ITB)  Bandung.

Tahun 1961-1963, Suyadi meneruskan belajar animasi di Prancis. Sejak masih menjadi mahasiswa Suyadi sudah menghasil sejumlah karya berupa buku cerita anak bergambar dan film pendek animasi. Keistimewaan Suyadi tidak hanya membuat ilustrasi, tapi juga mempunyai kemampuan menulis ceritanya sendiri. Bahkan di usia senjanya kini, Suyadi tetap berkarya. “Tiap hari selalu orat-oret …” candanya suatu hari.

Tahun 1970-an, Drs Suyadi sangat kreatif puluhan buku cerita anak hasil karyanya beredar, hingga sekarang.

Tahun 1980 – 1991, terlibat langsung dalam serial Si Unyil. Dari tangannyalah karakter boneka yang konsep cerita yang ditulis Kurnain Suhardiman itu melegenda hingga saat ini. Pada masa jayanya, serial Si Unyil telah mencapai lebih dari 603 seri film boneka, dan menjadi teman pemirsanya di seluruh Nusantara di setiap Minggu pagi.

Drs. suyadi5 April 1981, Si Unyil ditayangkan di TVRI pertama kali. Tidak ada tokoh rekaan yang begitu dicintai dan hidup berpuluh tahun seperti Unyil. Selain menjadi art director, Suyadi menciptakan model bonekanya dan memasukan sejumlah karakter baru seperti Pak Raden, Pak Ogah, Bu Bariah dan lain sebagainya. Selain penulis cerita Kurnain Suhardiman, kehadiran Suyadi dalam serial Si Unyil sebagai pemberi “nyawa” sehingga Unyil dan kawan-kawannya masih hidup dan dicintai hingga saat ini.

14 Desember 1995, Drs Suyadi mengadakan perjanjian penyerahan hak cipta atas nama Suyadi dengan pihak PPFN. Di butir Pasal 7 surat perjanjian tertulis tersebut, seharusnya pihak PPFN mengembalikan hak cipta “Si Unyil” kepada Suyadi lima tahun kemudian. Namun, hal itu tidak dilakukan, karena PPFN menganggap bahwa perjanjian itu adalah bentuk penyerahan hak cipta secara tetap.

Tahun 2000-an, Kemudian, Unyil diformat ulang menyesuaikan  dengan zamannya, sehingga tetap dapat digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil. Ia juga dikenal sebagai Pak Raden dalam acara Unyil.

Tahun 2008,  Drs Suyadi masih menghasilkan buku anak berjudul Petruk Jadi Raja (Kelompok Pecinta Buku Anak, 2008).

28 November 2009, Drs Suyadi menjadi model klip sebuah group musik anak muda, Sembilan Band.

Selasa 03 Juli 2012, Drs Suyadi atau dikenal sebagai tokoh Pak Raden di serial “si unyil” telah dianugrahi penghargaan Ganesha Widya Jasa Utama karena telah menunjukkan jasa dan prestasi yang menonjol sebagai pelopor Bidang industry Kreatif Klaster Animasi dan Tokoh Animator di tingkat nasional, pada Pada peringatan 92 tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia yang dilaksanakan pada di Aula Barat ITB. =S1Wh0T0=

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Jember, Seniman, Sosok, Th. 2012 dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s