Makam Mbah Jabbar, Kabupaten Tuban


Syekh Abdul Jabar ( Mbah Jabar)Pada mulanya makam Mbah Jabbar dibangun secara sederhana. Luasnya hanya beberapa meter persegi, cungkup makam beratapkan genteng dari tanah dengan dikelilingi tembok kayu.Pagar makam juga terbuat dari kayu. Di sebelah utara makam terdapat mushala yang dipersiapkan bagi para peziarah.Namun mushala ini tampak rapuh dan tua. Pada tahun 1995 atas persetujuan tokoh-tokoh Jojogan, mushala itu dipugar oleh Ny. Hj. Woeryanti Imam Soetopo SH. (Isteri Mantan Komandan Bataliyon Tentara Laut RI di Bojonegoro Oktober 1947-1948 bernama H. R. Imam Soetopo almarhum) sebagai cendera mata darinya.Pembangunan ini dilakukan berdasarkan wasiat suaminya yang lebih dahulu meninggal.

Mushola lama dipindah dan dialih-fungsikan sebagai peng- inapan (tempat menginap) bagi peziarah yang menginap beberapa hari, bulan bahkan bertahun-tahun lamanya.Sedangkan Mushalla

baru dibangun persis di depannya.Mushala itu diresmikan pada tangga 1 8 September tahun 1995. Sekitar tahun 2002, pembangunan di- mulai kembali. Kali ini tidak hanya mushala, akan tetapi semua fa- silitas makam dan bebe­rapa bangunan yang dianggap penting dibangun sedemikian rupa sehingga menjadi tampak megah dan nyaman.Nisan makam Mbah Jabbar dan dua orang isterinya diganti keramik dan dipagari besi stainless.Kain penutup makam juga diganti dengan kain kafan berwarna putih. Cungkup yang dulunya sempit, diperluas sehingga dapat memuat banyak peziarah.Pembangunan makam ini selesai dan diresmikan pada tanggal 31 Maret 2002.Peresmian makam dilaksanakan oleh H. R. Hoejojo Sosropratomo (putera Imam Soetopo almarhum).

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: TUBAN BUMI WALI; The spirit of harmoni, Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban, 2013, hlm. 196

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Th. 2013, Tuban, Wisata, Wisata Relegi, Wisata Sejarah dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s