Makam Mbah Punjul, Kabupaten Tuban


Terletak di Desa Ngepon Kecamatan Jatirogo terletak pada 6°53’43” LS dan 111°40’6″ BT. Di desa ini terdapat situs yang oleh penduduk setempat disebut sebagai Makam Mbah Punjul .Makam ini berada di bukit Ngepon di sebelah barat jalan Bulu-Jatirogo. Pada hari-hari tertentu banyak orang berziarah ke makam Mbah Punjul, dan kebanyakan dari mereka banyak yang berasal dari daerah Demak, Pati, Kudus, dan sekitarnya. Makam Kyai Ngepon yang merupakan utusan Raja Brawijaya dari Majapahit untuk datang kepada Raden Patah. Tapi,kebanyakan orang menyebutnya sebagai makam Mbah Punjul(asal kata dari Pinunjul).

Menurut cerita, konon, Prabu Brawijaya memberi sesuatu tanda mata kepada putranya, Raden Patah. Yang diutus adalah Kyai Ngepon. Sang Prabu memberinya sebuah bumbung dari bambu, dengan titah apabila nanti bumbung tersebut dibuka akan dapat diketahui tanda mata apa yang diberikan oleh raja Brawijaya. Dalam perjalanan dari Majapahit ke Demak Bintoro, utusan tersebut berhenti di Ngepon.

Ia tidak dapat menahan keinginan hatinya untuk mengetahui isi bumbung, maka lalu dibukanya. Anehnya, beraneka macam binatang keuar dari bumbung itu dan kemuldian menghilang ke dalam hutan. Sang utusan tidak berani menghadap dengan bumbung kosong kepada Sang Raja. Maka, bumbung ditanam dan tumbuh rumpun bambu dengan lebatnya. Pada akhirnya sang utusan menetap di Ngepon sampai meninggal dan dimakamkan di bukit Ngepon.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: TUBAN BUMI WALI; The spirit of harmoni, Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban, 2013, hlm.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Th. 2013, Tuban, Wisata, Wisata Relegi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s