Adat-Istiadat dan Kehidupan Sehari-hari Masyarakat Samin


Adat-istiadat masyarakat Samin ditandai oleh sikap dan perilaku atau perbuatan yang tidak (selalu) mengikuti adapt-istiadat dan aturan-aturan yang berlaku di desa atau masyarakat di mana mereka tinggal.

Hal itu diawali oleh sikap orang Samin yang mulai berani melawan kebijakan pemerintah kolonial Belanda. Perlawanan orang Samin terhadap pemerintah kolonial Belanda tidak dilakukan dengan cara kekuatan fisik, tetapi diwujudkan dengan cara membandel tidak mau menyetor padi, menentang pamong desa dan terutama membandel atau menolak untuk membayar pajak.

Pajak yang ditentukan oleh pemerintah kolonial Belanda itu dirasakan sangat membebani mereka yang pada umumnya petani miskin. Oleh sebab itu pengaruh Saminisme di masa colonial lebih dikenal sebagai kelompok yang tidak mau membayar pajak. Sejak saat itu pula segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan-urusan pemerintah kolonial tidak mereka ikuti (Mumfangati, 2004:29).

Berbicara tentang adat-istiadat (upacara) kelahiran, perkawinan, dan kematian masyarakat Samin, tentu saja tidak lepas dari berbicara tentang adat-istiadat umum masyarakat Samin, yang merupakan perikehidupan masyarakat yang bersangkutan.

 

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Setya Yuivana Sudikan. Kearifan Lokal Masyarakat Samin dalam Pemetaan Kebudayaan di Provinsi Jawa Timur: Sebuah Upaya Pencarian Nilai-nilai Positif. Jember : Biro Mental Spiritual Pemerintah Provinsi JawaTimur bekerjasama dengan Kompyawisda Jatim, 2008, hlm.92 – 93

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Seni Budaya, Th. 2008 dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Adat-Istiadat dan Kehidupan Sehari-hari Masyarakat Samin

  1. wilda berkata:

    makasih yaa atas infonya

  2. wilda berkata:

    kapan2 kasih tau lagi infox yg banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s