Seni dan Kerajinan, orang Samin


Ekspresi Seni dan Kerajinan

generasi-keempat-kaum-saminDi daerah tempat tinggal orang-orang Samin, tidak dijumpai hasil karya seni orang Samin, seperti kerajinan dan hasil seni yang lain.

Hal itu dapat dipahami karena orang Samin  adalah petani, yang memanfaatkan seluruh waktunya untuk bekerja.Orang Samin tidak mengenal waktu luang selain mengerjakan sawah dan ladang.

Kartomihardjo (1980) menegaskan bahwa masyarakat Samin adalah masyarakat petani miskin. Kemiskinan itu tidak hanya berupa harta benda, akan tetapi juga kemiskinan berupa budaya: sejarah masyarakatnya, kesenian,kesusastraan, adat-istiadat (upacara ritual), dan lain-lain.

Namun mereka (Orang Samin) adalah petani yang tangguh serta ulet, dikarenakan pada umumnya masyarakat Samin bermukim pada daerah-daerah pegunungan kapur.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Setya Yuivana Sudikan. Kearifan Lokal Masyarakat Samin dalam Pemetaan Kebudayaan di Provinsi Jawa Timur: Sebuah Upaya Pencarian Nilai-nilai Positif. Jember : Biro Mental Spiritual Pemerintah Provinsi JawaTimur bekerjasama dengan Kompyawisda Jatim, 2008, hlm. 104 – 105

Sumber gambar: Berita Jati.COM media online

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Seni Budaya, Th. 2008 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s