Kepulauan Kangean Madura, Jawa Timur


KANGEAN002Kepulauan Kangean adalah kelompok kepulauan yang terdiri dari ± 30 pulau-pulau, terletak disebelah timur pulau Madura antara koordinat 115 ° 20′ dan 116° 16′ BT (Bujur Timur) dan 6° 30′ – 7° 18′ LS (Lintang Selatan). Pulau – pulau yang penting adalah Kangean, Saobi, Paliat, Sabunten, Sapeken,  Saseel dan Sepanjang. Diantara pulau-pulau ini masih banyak terdapat pulau-pulau kecil lainnya, seperti pulau Saur, Saebus, Kemaron dan ada yang berukuran super mini, ialah pulau Bungin.

Sekarang ini trayek Kalianget – Kangean dilayani oleh sarana transportasi laut yang andal yang diselenggarakan oleh Kantor ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) dan perusahaan Swasta PT. Cahaya Makkarannu. Masing – masing mengoperasikan :

– KM Kuala Bate, milik ASDP

– KM Cahaya Mattiro Sompe (KM CMS) dengan kapasitas 400 penumpang dan 300 ton cargo. Dua buah kapal ini beroperasi dengan jadwal masing-masing dua kali seminggu dengan tarif yang relatif murah, ialah Rp. 6.500 per ticket.

– Disamping kapal-kapal tersebut beroperasi pula kapal-kapal swasta seperti “Aries” milik perintis dan Ponteng III yang menjalani trayek Kalianget – Kangean – Sapeken pp. dan menjadwalkan waktu-waktu berangkatnya antara KM Kuala Bate dan KM Cahaya Mattiro Sompe. . Dengan demikian maka hubungan laut antara Madura dan Kangean/Sapeken sementara ini sudah dapat memenuhi keinginan masyarakat kepulauan Kangean sebagai sebuah mini archipel.

GOA KANGEAN001Hampir semua pulau-pulau mempunyai keindahan marinanya masing-masing. Dapat dikatakan semua berpasir putih. Orang siapapun apabila menyaksikan pulau-pulau tersebut dengan mata kepala sendiri pasti berimajinasi, ‘seandainya pulau-pulau ini dikemas menjadi satu paket pengembangan Wisata Bahari atau Marina, pasti akan menjadi marina yang terbesar di Asia Tenggara ini.

Penduduk pulau Saur, disekitar pulau Saebus, mengatakan bahwa sering pulaunya didatangi oleh wisatawan manca negara yang memakai perahu pesiar yang langsung dari pulau Bali, karena jaraknya yang relatif dekat dengan Bali.

Sedangkan persinggahan paling eksotic adalah mendarat di sebuah pulau pasir putih, bernama pulau Bungin, yang hanya mempunyai panjang ± 50 meter dan lebar ± 35 meter, di tengah laut yang bertetangga beberapa kilometer dengan pulau yang lain. Yang paling indah di kepulauan Kangean ini adalah, hampir ditiap pulau dapat dinikmati baik Sunrise maupun Sunset.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Pesona Madura.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Madura, Sumenep, Th. 2013, Wisata dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s