Legenda Madura 2, Jawa Timur


Mitos Madura yang lain menceritakan keberadaan Jokotole putera dari Putri Kuning (Dewi Saini), yaitu cucu dari Pangeran Bukabu dari Sumenep. Jokotole bersaudara dengan Jokowedi, keduanya merupakan putera hasil perkawinan melalui mimpi antara Putri Kuning dengan Adipoday.

Pada saat melakukan perjalanan ke Majapahit untuk membantu pekerjaan ayah angkatnya bernama Empu Kelleng, Jokotole bertemu dengan pamannya, Adirasa, yang memberi kuda yang dapat terbang dinamakan Si Mega dan Cemeti, amanah dari ayahnya (Adipoday), akhirnya dapat sampai ke Majapahit dan berhasil membantu pekerjaan ayah angkatnya. Sepulang dari Majapahit, Jokotole yang sudah memegang tampuk pemerintahan di Sumenep, datanglah musuh dari Cina bernama Dampo Awang (Sampo Tualang), tetapi dalam pertempuran akhirnya Jokotole dapat menghancurkan musuh dengan cemetinya sehingga Si Mega menoleh.

Sampai sekarang Si Mega yang sedang menoleh diabadikan oleh Pemerintah Daerah Sumenep sebagai Lambang Daerah. Cemeti diabadikan dalam bentuk cenderamata berupa pecut sedangkan Putri Kuning dan Jokotole diabadikan sebagai nama ferry penyeberangan Kamal-Surabaya, namun Putri Kuning dieja dengan bahasa Madura menjadi “Pottre Koneng”. Bukti-bukti epigrafik menerangkan hubungan dan peranan Madura dengan raja-raja di Jawa dan di Nusantara pada umumnya, antara lain diketahui bahwa pada jaman Singosari seorang Nayapati bernama Aria Wiraraja diangkat sebagai Bupati Sumenep menguasai seluruh Madura dan pada akhir kejayaan Singosari bersama-sama dengan Raden Wijaya membangun Kerajaan Majapahit setelah berhasil menyingkirkan perajurit Kubilai Khan dari Cina.

Nukilan =S1WhoT0= dari: Tanpo Aran.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Legenda, Madura, Th. 2013 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s