Langgar


Langgar, Sejarah pendidikan di Jawa Timur, Langgar merupakan tempat pengajian di Jawa Timur. Ternpat tersebut dikelola oleh seorang petugas yang disebut modin.Petugas tersebut berfungsi ganda. Di samping memberikan doa pada waktu ada upacara keluarga atau desa, dapat pula berfungsi sebagai guru agama.

Pelajaran di langgar bersifat elementer. Mulai dari mempelajari abjad huruf Arab atau langsung menirukan apa yang dibaca oleh modin dari kitab A) Qur’an (sistim tusuk- an).  Tujuan pendidikan dan pengajaran di langgar ialah agar murid pada suatu saat dapat membaca lengkap dengan lagunya, menurut irama tertentu, seluruh isi A1 Qur’an. Murid diajar se- cara individual dan menghadap pada guru. Satu-persatu mereka bergantian, dan yang lain duduk bersila di sekeliling guru.

Di Jawa Timur cara demikian disebut sistim Sorogan. Murid bersila mengitari guru. Murid-murid lain tetap berlatih melagukan ayat-ayat suci menurut bagiannya masing-masing. Sedangkan guru mengadakan koreksi kepada murid-murid yang salah mengucapkan atau melagukan ayat-ayat menurut bagian­nya masing-masing.

Pelajaran biasanya diberikan pada pagi atau petang hari selama dua jam. Lama pelajaran sekitar satu tahun. tetapi kadang-kadang pada murid yang pandai lebih pendek dari itu. Di samping hanya pendidikan langgar masih ada pen­didikan yang disebut pesantren.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Pendidikan Tradisional Pengaruh Agama Islam dalam, Sejarah pendidikan Jawa timur, Departemen pendidikan dan kebudayaan,  direktorat sejarah dan nilai tradisional, proyek inventarisasi dan dokumentasi kebudayaan daerah 1985-1986, Surabaya, 1986.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sejarah, Th. 1986 dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s