Lontong Kupang, Kabupaten Sidoarjo


Wisata Jawatimuran

kupang-lontong0001Cabe, bawang putih, perasan jeruk nipis, gula pasir dan petis langsung diulek di piring. Begitu akan disajikan tak lupa ditaburi brambang goreng. “Saya memakai cara tradisional saja dengan diulek atau digerus langsung di piring. Kalau diulek, semakin menambah sedap aromanya. Sekarang, banyak yang bumbunya diblender dulu supaya gak repot. Cara ini menurut saya memang praktis, tetapi aroma sedapnya hilang terbawa angin,” begitu kata Bu Kusiyah, pemilik Lontong Kupang “Podo Rejo” yang mangkal di Bursa Kupang, Gedangan, Sidoarjo, selama 13 tahun.

kupang-lontong0003kupang, sampai saat ini masih menjadi incaran bagi para pecinta kuliner makanan laut dengan  PADA hari Minggu atau libur seakan masa khusus. Sebutan kupan panen bagi mereka yang meng- gelardagangan kupang lontong di bursa kupang ini. Sebab, ke Sidoarjo tidak lengkap jika tidak menyantap menu kupang lontong. Kupang adalah sejenis kerang laut yang direbus dan dihidangkan dengan lontong. Kupang yang digunakan adalah kupang putih, atau dikenal sebagaikupang beras.

Makanan tradisional…

Lihat pos aslinya 241 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sidoarjo, Th. 2012, Wisata, Wisata Kuliner dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s