Semanggi Suroboyo


Wisata Jawatimuran

Selain Rujak Cingur dan Lontong Balap, Surabaya memiliki sebuah masakan khas yang telah lama menjadi ikon kuliner kota Pahlawan ini, yaitu Semanggi Suroboyo. Semanggi Surobyo adalah makanan yang menerapkan konsep pecel [pecal), yakni makanan khas orang fawa yang merupakan paduan sayur-sayuran dan saus kacang berbumbu.

Namun, Semanggi Suroboyo memiliki bahan dasar dan saus khas yang membedakannya dengan jenis pecel lainnya. Kekhasan bahan dan rasanya menjadikan Semanggi Suroboyo layak disebut sebagai pecel orang Surabaya. Dari namanya saja, bahan utama Semanggi Suroboyo bisa ditebak dengan mudah, yaitu tanaman semanggi.

Semanggi adalah jenis tanaman yang termasuk kelompok paku air. Tanaman ini memiliki bentuk fisik yang khas karena susunan daunnya mirip payung yang terdiri atas empat anak daun dengan posisi berhadapan. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di sekitar pematang sawah atau tepi saluran irigasi.

Selain daun semanggi, Semanggi Suroboyo juga menggunakan beberapa jenis sayur lain, yaitu kecambah dan kangkung. Semua sayuran tersebut direbus atau…

Lihat pos aslinya 351 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s