Lomba kerapan sapi di kota Pasuruan


Lomba kerapan sapi di kota Pasuruan, hibur ratusan warga 

Kerapan Sapi Pasuruan0001 - CopyLapangan bekas tambak di Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Sabtu (9/3) terlihat lebih ramai dari biasanya. Sesek bambu dipasang mengelilingi hampir sebagian besar luas bekas tambak. Sementara itu, banyak orang baik tua muda, laki-laki dan perempuan yang datang menyemut dan kemudian berdiri di luar sesek bambu. 

Kerapan Sapi Pasuruan0002Kerapan Sapi Pasuruan0001Sesek bambu tersebut dijadikan batasan lintasan untuk perlombaan karapan sapi dalam rangka memeriahkan HUT Kota Pasuruan ke 327. Teriknya sinar matahari tidak menyurutkan langkah warga Kecamatan Panggungrejo dan sekitarnya untuk menyaksikan lomba karapan sapi yang baru tahun ini digelar sejak HUT Kota Pasuruan diperingati. 

Kerapan Sapi Pasuruan0003Siang itu, ada 24 pasang sapi yang akan mengikuti lomba memperebutkan Piala Walikota. Sapi-sapi seperti Ronggolawe, Kencono Wungu, Carlos, Arepas dan lainnya yang selama ini biasa mengikuti pacuan sudah siap berlari melintasi lintasan sepanjang kurang lebih 100 meter. 

Sebelum sapi-sapi tersebut berlomba oleh para pemiliknya diberi perlakuan, seperti dimandikan, diberikan jejamuan ataupun perlakuan lain yang merangsang sang sapi dapat berlari sekencang- kencangnya. 

Kerapan Sapi Pasuruan0004Walikota H. Hasani dalam sambutannya mengatakan, lomba karapan sapi ini digelar adalah sebagai bagian untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Karena itu, walikota mengharapkan agar para pengunjung dapat menjaga ketertiban dan keamanan selama lomba dilangsungkan. Walikota juga beijanji untuk menggelar acara serupa di kemudian hari. 

Kerapan Sapi Pasuruan0005Digelarnya lomba karapan sapi ini selain memberikan hiburan bagi masyarakat, juga memberikan keuntungan finansial untuk masyarakat sekitar. Warga memanfaatkan untuk menjual berbagai barang dagangan seperti makanan dan  minuman ringan. 

Perlombaan yang digelar selama dua hari, yakni 9 dan 10 Maret 2013 ini akhirnya dimenangkan sapi Kencono Wungu. Selain mendapatkan piala walikota, pemenang lomba karapan sapi ini membawa pulang sebuah sepeda motor. Selain itu, beberapa hadiah lainnya juga diperebutkan dalam lomba kali ini. **

MAJALAH BANGKIT EDISI I , Tahun V, Januari – Maret  2013, hlm 19-21

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Pasuruan [Kota], Seni Budaya, Th. 2013 dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s