Bendungan Bening, Kabupaten Madiun


Wisata Jawatimuran

bendungan beningBendungan Bening adalah sebuah proyek Irigasi Widas, yang merupakan rangkaian proyek-proyek yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Proyek Induk Pengembangan Wilayah Sungai Kali Brantas, Direktorat Jenderal Pengairan, Departemen Pekerjaan Umum.

Bendungan Bening atau juga lazim disebut Bendungan Widas terletak di Dukuh Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, +15 km di sebelah barat kota Nganjuk. Lokasi bendungan berada pada Kali Bening yang bermata air di Gunung Wilis. Di sisi utara Kali Bening terdapat Gunung Pandan dan Pegunungan Kendeng.

Maksud dan tujuan dibangunnya Bendungan Bening yaitu Menyediakan air irigasi untuk daerah seluas 9.120 ha. Mengendalikan banjir, Membangkitkan tenaga listrik dengan daya terpasang sebesar 1 x 650 kW. Manfaat lain: -Pengembangan pariwisata -Perikanan darat.

Studi kelayakan Proyek Irigasi Widas dan Dam Bening sebagai salah satu proyek yang diusulkan dalam studi Pengembangan Wilayah Daerah Aliran Sungai Kali Brantas pada tahun 1972, dimulai pada tahun 1976 dilanjutkan dengan pekerjaan investigasi dan Design Report. Pembangunan Bendungan…

Lihat pos aslinya 142 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s