Candi Mleri, Kabupaten Blitar


Wisata Jawatimuran

Candi Mleri terletak di Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar di kaki Gunung Pegat, kira-kira 9.7 km dari barat pusat kota Blitar. secara astronomis keberadaan candi  ini di antara 08⁰ 03 374′ LS dan 112⁰ 05 099′ BT.

Kekunaan Mleri adalah tempat pendarmaan Ranggawuni, raja ke-tiga Kerajaan Singasari yang bergelar Sri Wisnu Wardhana. yang merupakan putra Anusapati atau cucu Tunggul Ametung dengan Ken Dedes.

Kawasan ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1222 M. Hal ini didasarkan kepada prasasti yang berhuruf Pallawa yang ada di kompleks makam tersebut dengan lambang kalamakara (wujud raksasa).

Menurut Kitab Negarakertagama Wisnuwardhana didharmakan dengan wujud arca Siwa di Waleri (Mleri) dan dalam bentuk arca Sugata (Budha) di Jajaghu (Candi Jago). Pembuktian lainnya terpahat di balik arca durga, dengan angka tahun 1102 saka.

Dikawasan ini terdapat berbagai artefak-artefak seperti yoni, lingga, antevik, swastika(kompas pada masa itu), kala, prasasti, dan relief-relief yang indah Diantara relief-reliefnya terdapat relief yang…

Lihat pos aslinya 66 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s