Candi Wringin Lawang, Kabupaten Mojokerto


Wisata Jawatimuran

candi-waringinlawang001Candi Wringin Lawang, kadang disebut Candi Jatipasar, terletak di Dusun Wringinlawang, Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Dari kilometer 11 jalan raya Mojokerto – Jombang masuk + 200 meter. Karena dekat dengan jalan propinSi, maka sangat mudah dicapai baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Candi Wringin Lawang berbentuk gapura. Keseluruhan terbuat dari batu bata dengan arah hadap timur barat. Berukuran 13 x 11.50 meter dan memiliki tinggi 15.50 meter. Bangunan ini termasuk tipe candi bentar, yaitu gapura tanpa atap. Candi bentar biasanya berfungsi sebagai gerbang luar suatu kompleks bangunan. Umumnya orang meng hubungkan dengan gapura masuk ke ibukota Mojopahit, namun secara pasti belum dapat diketahui apakah gapura ini merupakan gerbang kraton atau bangunan lain. Hanya diperklrakan sebagai pintu gerbang salah satu kompleks bangunan yang berada di kotaraja Majapahit.

Di sekitar gapura ditemukan 15 sumur tua berbentuk segi empat dan silindris, yang tersebar di sebelah barat daya 14 buah dan…

Lihat pos aslinya 64 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s