Eyang Kumitir penguasa gaib Gunung Kelud, Kabupaten Blitar


Wisata Jawatimuran

Eyang Kumitir adalah penguasa gaib Gunung Kelud yang diyakini masyarakat Kabupaten Blitar, khususnya yang beribadah di Pura Dharma Bhakti yang berada di Desa Selorok, Kecamatan Gerung. Mereka banyak yang mempercayai jika Gunung Kelud dijaga oleh arwah Eyang Kumitir sebagai mahkluk tak kasat mata, yang mbaurekso di Gunung Kelud.

Konon, Eyang Kumitir dipercaya sebagai pendiri pura sekaligus pembabat alas wilayah ini. Di akhir hidupnya ia memutuskan bertapa di puncak Kelud hingga jasadnya muksa atau menghilang karena kesempurnaan ilmu yang dimiliki dan dijalaninya.

Meski demikian, masyarakat percaya bila Kelud akan meletus, Eyang Kumitir akan datang ke pura dan menampakkan diri dalam wujud kakek tua berambut dan berjenggot putih serta berjubah untuk untuk mengingatkan warga akan bahaya serta menyuruh warga memasang janur (daun kelapa muda) di pintu rumahnya masing-masing sebagai penolak bala.

Pada aktivitas Kelud November 2007 silam, berbeda dengan masyarakat lain yang kebingungan, masyarakat di sini terkesan tenang-tenang saja karena yakin bahwa…

Lihat pos aslinya 333 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Blitar, Kediri, Legenda, Th. 2012 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s