Gua Gembul, Kabupaten Tuban


Wisata Jawatimuran

Gua Gembul

Kabupaten Tuban. Kabupaten Tuban adalah kota legendaris di jalur pantai utara (Pantura) lebih kurang 100 km dari Surabaya ke arah Barat, menyimpan banyak situs, sangat layak dikunjungi bagi wisatawan.

Keberadaan Gua Gembul menambah kebangkitan sektor pariwisata di kabupaten Tuban. Gua Gembul merupakan situs peninggalan sejarah saat kejatuahan Kerajaan Majapahit.

Gua Gembul terletak di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, barat daya kota Tuban. Menurut cerita rakyat yang beredar di masyarakat luas, dulu gua itu tempat persembunyian Brandal Lokajaya atau Raden Mas Syahid atau Sunan Kalijaga, putera Bupati Wilatikta Tuban, sewaktu masih bertingkah sebagai seorang penyamun. Cerita lain mengatakan Gua Gembul sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarah para wali (Wali Songo).

Gua Gembul dipakai sebagai tempat berkumpulnya (markas) tentara rakyat yang dipimpin Sunan Bonang dengan panglimanya Sayyid Abdurrahman yang terkenal dengan nama Ki Ageng Ganjur leluhur Gus Dur (keterangan Gus Dur), bahwa. Ki Ageng Ganjur hidup saat Kerajaan Majapahit akan jatuh. Dulu…

Lihat pos aslinya 80 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s