Jenang Ketan, Kabupaten Nganjuk


Wisata Jawatimuran

Jenang Ketan Cocok Sebagai Buah Tangan.

Makanan jenang sudah dikenal orang sejak jaman dulu. Tapi namanya masih menggema hingga jauh ke mana-mana hingga kini. Tapi tidak semua orang bisa membuat jenang ketan. Karena cara dan proses membuatnya pun tidaklah mudah. Salah satuorang yang cukup ahli dalam membuat jenang ketan adalah Markamah.

Baginya membuat jenang adalah kekayaan yang tak ternilai harganya. Selain bisa mendatangkan keuntungan finansial, jenang ketan juga bisa meningkatkan ekonomi keluarganya hingga sekarang.

Bersama suaminya, Suyono, wanita yang sudah berusia lebih dari separo baya ini menekui usaha membuat jenang ketan. Berbekal pengetahuan dan ketrampilan yang didapatnya dari kampung halaman di Kademangan, Blitar, Markamah merintis usahanya di Desa Pacekulon Kecamatan Pace. Dengan bahan baku yang mudah didapat di sekitar Pace seperti ketan, gula kelapa, kelapa dan biji wijen. Untuk memasak, Markamah dibantu 6 orang karyawan untuk mengaduk adonan jenang. Memasak jenang juga memerlukan ketelitian dan naluri yang peka. Sebab bila…

Lihat pos aslinya 424 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s