Kelinci Gapit, Kota Batu


Wisata Jawatimuran

kelinci-gapit-002Kusuma Agrowisata, salah satunya menyajikan kelinci gapit. Sajian yang ditampilkan dalam even Gelar Makanan Masakan Tradisional Khas Jawa Timur 2004 dan membuahkan hasil: Juara I. Lomba yang digelar Disparta Jatim di Club House Graha Family Estate, Jl. Raya Wisata Menanggal, Surabaya, 25 Juni lalu itu, diikuti banyak perserta. Mereka mewakili daerahnya (kota/kabupaten).

Bukan tidak beralasan Kusuma Agrowisata memilih kelinci sebagai lauk utama, sebab di kota Batu banyak warga yang beternak kelinci. Pemeliharaan hewan ini relatif mudah. Dagingnya berserat halus dan warnanya sedikit pucat, daging kelinci layaknya seperti daging ayam. Kaya protein, glikogen tinggi, kandungan kolesterolnya rendah, nilai gizinya relatif tinggi. Bahkan, berkhasiat menyembuhkan penyakit asthma.

Rendahnya kandungan kolesterol dan natrium, membuat daging kelinci sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pasien penyakit jantung, usia lanjut, dan mereka yang bermasalah dengan kelebihan berat badan (obesitas). Daging kelinci juga dapat menyembuhkan radang tenggorokan (esopagus), karena mengandung senyawa kitotefin. Kandungan zat-zat lainnya, seperti asam lemak omega…

Lihat pos aslinya 250 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s