Museum Mpu Tantular, Kabupaten Sidoarjo


Wisata Jawatimuran

Museum Mpu Tantular: Lebih Modern di Sidoarjo

Kabar tentang Museum Mpu Tantular akan dipindahkan dari Jl. Taman Mayangkara, Surabaya, sudah santer sejak tahun 2002. Konon, sentuhan teknologi modern akan dihadirkan di lokasi baru, di Jenggolo, Sidoarjo. Tentu, untuk menarik minat masyarakat. Gedung eks-museum di Taman Mayangkara (berstatus cagar budaya) akan dimanfaatkan untuk pusat kegiatan berkesenian dan berkebudayaan. Boleh jadi, itulah nilai tambah untuk Surabaya dan Sidoarjo, sekaligus.

Arsip.Lega. Kata ini barangkali yang bisa mewakili masyarakat maupun orang-orang yang yang terlibat dengan keberadaan Museum Negeri Propinsi Jawa Timur  (MNPJT) Mpu Tantular. Lega lantaran museum yang sebelumnya berada di Jl. Taman Mayangkara, Surabaya, itu akhirnya resmi menempati “rumahnya” yang baru di kawasan Jenggolo, Sidoarjo, dan akan dibuka resmi 14 Mei 2004.

Lega itu juga menggambarkan penataan museum yang kini memang lebih lega, karena menempati area cukup luas, 3,5 hektare dengan 12 unit bangunan. Praktis membuat penataan koleksi sangat leluasa. Tidak seperti saat di…

Lihat pos aslinya 1.027 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s