Samplok, Kabupaten Nganjuk


Wisata Jawatimuran

Samplok….. Penganan Dari Telo Asli Deso

Makanan ini wujudnya berwarna kuning keemasan menjadi wujud khas makanan ini. Dibalut parutan kelapa yang menambah nikmat makanan asli orang pedesaan. Termasuk Nganjuk.

Tak banyak warga desa yang bisa membuat samplok. Hanya segelintir orang saja yang masih mempertahankan keberadaan penganan ini. Lebih kerap ditemui adalah wanita yang sudah beranjak sepuh. Bagi mereka, menjual samplok dan makanan tradisional lainnya adalah profesi yang masih mampu mereka jalani hingga kini. Meski keuntungan yang didapat pun tak seberapa. Dibuat dari bahan dasar ketela pohon alias singkong, tumbuhan yang cukup mudah ditemukan di wilayah Nganjuk baik di musim hujan maupun kemarau.

Membuat samplok ternyata tak semudah seperti membuat gethuk. Meski dari ketela juga. Proses pembuatannya sendiri lumayan rumit di samping perlu waktu dan tenaga ekstra. Awalnya, ketela dikupas sampai bersih dan dicuci. Kemudian baru diselep (dihaluskan dengan mesin penggiling, Red) biar halus. Baru setelah itu dilakukan pembersihan dari rasa…

Lihat pos aslinya 482 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s