Tlekung, Kota Batu


Wisata Jawatimuran

Jejak Jepang-Belanda di Tlekung

tlekungPariwisata Kota Batu berkem­bang semakin pesat hingga menjadi tujuan wisata utama di Jawa Timur. Melihat kondisi itu, rupanya masyarakat Desa Tlekung mulai tergerak untuk menang­kap peluang tersebut. Warga di Keca­matan Junrejo Kota Batu itu mulai tergerak untuk mengeksplorasi poten­si desanya. Desa di pinggiran Gunung Panderman ini kaya akan mata air se­hingga terbuka peluang untuk dikem­bangkan wisata di sektor ini.

Suwandi, tokoh masyarakat setem­pat, menuturkan, sangat sayang kalau potensi itu dibiarkan. Karena itu lang­kah konkrit harus direalisasikan.
“Saya mengajak masyarakat untuk membuka sebuah coban (air terjun) dengan kerja bakti. Saat ini aksesnya sudah enak, wisatawan pun bisa da­tang menikmati,” katanya.
Selain itu, kata dia, wilayah ini pu­nya sejarah wisata yang bisa. dibang­gakan. Yakni soal keindahan alam. Dia menceritakan, dulu sebelum ka­wasan Selecta dibangun menjadi lo­kasi peristirahatan oleh Belanda, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, menjadi tempat peristirahatan favorit warga Belanda dan Jepang. Di tempat ini pernah berdiri sebuah hotel…

Lihat pos aslinya 466 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s