Pantai Watu Ulo, Kabupaten Jember


Wisata Jawatimuran

Watu Ulo
Sebelum  ke Tanjung Papuma, wisatawan akan menemukan serta menikmati pula  keindahan Pantai Watu Ulo. Nuansanya berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang ada di Pulau Jawa.

Disebut  Watu ulo karena di pantai itu ada sebuah batu panjang berbentuk menyerupai ulo (ular) dan “bersisik”. Menurut legenda, pada zaman dahulu ada seekor ular yang sedang bertapa dipantai itu, memohon kepada Yang Maha Kuasa.

Setelah terkabul, berubah wujud menjadi batu yang menyerupai ular, kepalanya menjalar ke laut, badannya di daratan. Panjangnya lebih dari satu kilo meter.

Cerita menarik lainnya di sekitar pantai yang dikelilingi perbukitan itu, pada zaman kolonial Jepang dipakai sebagai benteng pertahanan dan pengintaian. Benteng peninggalan kolonial Jepang ada lima unit, dan oleh masyarakat setempat disebut Goa Jepang. Saat ini menjadi obyek dan daya tarik wisata pendukung kawasan tersebut.

Di samping Goa Jepang, di sebelah Watu Ulo ada sebuah goa yang dihuni ratusan kelelawar, disebut Goa Kelelawar. Goa sunyi dengan…

Lihat pos aslinya 128 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s