Sate Lala Khas Kabupaten Pamekasan, Madura


Wisata Jawatimuran

Sate lala seharusnya penyebutannya, namun akhirnya kuliner kahas Pamekasan Madura ini lebih dikenal dengan sebutan sate lalat atau sate laler, mungki dikarenakan potongan-potongan dagingnya yang kecil-kecil menyerupai lalat. Rasa sate lalat cukup fantastis. Pembakaran daging setengah matang, terasa manis di ujung lidah.

SATE LALA

Awalnya sate lala dijual dengan mengunakan alat-alat tradisional semacam rombong dipikul. Rombong terbuat dari anyaman bambu. Kini di Surabaya sate lala dijual oleh para perempuan madura dengan menggunakan lapak (terbuat darai papan kayu datar) dan disunggi/disungun  (membawa di atas kepala)

Yang membedakan sate lalat dengan sate yang lain selain:

  • Irisan dagingnya yang kecil – kecil merupakan rahasia dari kelezatan sate ini, sewbab irisan  yang kecil – kecil itu membuat bumbu lebih meresap sehingga rasanya lebih gurih dan nikmat.
  • Proses pembuatan bumbunya, tidak sama dengan sate-sate biasa. Sate lalat tidak menggunakan kacang goreng, tapi menggunakan kacang yang terlebih dahulu disangar(disangrai) lalu di masak dengan air setelah itu di…

Lihat pos aslinya 227 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Madura, Pamekasan, Th. 1992, Wisata, Wisata Kuliner dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sate Lala Khas Kabupaten Pamekasan, Madura

  1. Diah Sofi berkata:

    Di Gresik bnyk jg jual sate laler,baik yg dijual keliling maupun menetap di pinggir jalan. Paling terkenal yg berada di jl. ABDUL KARIM drojogan (toko emas Gadjah masuk). Berjualan antara pukul 8.00-habis. Malam hbs maghrib buka lg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s