Upacara Tradisional Labuhan di Pantai Ngliyep, Kabupaten Malang


Wisata Jawatimuran

Di Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, propinsi Jawa Timur, tewrdapat suatu kegiatan upacara tradisional, Upacara, memberi sesaji kepada penguasa laut Selatan, yang menurut kepercayaan sebagian warga masyarakat setempat ialah Mbok Nyai Ratu Mas, diberi nama Upacara Tradisional “Labuhan”. Pendatang dari daerah lain yang ikut menjadi pendukung upacara tersebut. Sebagian mempunyai kepentingan atau hajat tertentu, dan sebagian membayar nadzar atau sebagai sarana ucapan terima kasih atas terkabulnya hajat mereka.

Upacara Tradisional Labuhan di Pantai Ngliyep di bagi 2 (dua) tahap, kegiatan persiapan dan kegiatan pelaksanaan. Persiapan yang dimaksud disini adalah kegiatan-kegiatan sebelum upacara dimulai, dalam hal ini ada 2 (dua) macam yaitu: kegiatan yang dilakukan oleh pamong desa atau pejabat setempat, dan kegiatan yang dilakukan oleh ahli waris/ keluarga keturunan Mbah Atun beserta warga masyarakat.

v   Kegiatan yang dilakukan oleh pamong desa/pejabat setempat, terlepas dari kegiatan Upacara Labuhan dan umumnya terkait dengan pengembangan wisata, -menyiapkan…

Lihat pos aslinya 661 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s