Dramatari Topeng Jabung


Topeng JabungIstilah Topeng Jabung berasal dari nama tempat di mana kesenian ini berkembang, yaitu di Desa Jabung, di sekitar Kecamatan Tumpang. Penemuan bahwa di daerah ini masih terpelihara suatu kesenian topeng adalah suatu hal yang amat menggembirakan. Sekalipun di daerah-daerah lain juga ditemukan adanya kegiatan pertunjukan dramatari topeng, namun tidak ditemukan sebagaimana di Desa Jabung.

Desa Jabung terletak di sebelah timur jalan raya Malang – Singasari, di kaki gunung Manggungan pada ketinggian antara 500-600 meter di atas permukaan laut. Desa ini terletak lebih kurang 12 km. dari Singasari dan sekitar 19 km. dari kota Malang.

Drama Tari Topeng Jabung0002Masih dipeliharanya dramatari topeng di Desa Jabung itu dimungkinkan oleh adanya kepercayaan dan kebiasaan masyarakat Tengger yang masih menganut sisa-sisa kebudayaan Indonesia-Hindu. Masyarakat Tengger yang hidup di lereng Gunung Bromo itu menganggap bahwa menanggap pertunjukan wayang kulit adalah tabu. Oleh sebab itu, mereka selalu menyelenggarakan pertunjukan dramatari topeng. Cerita Panji merupakan lakon yang paling digemari di samping lakon Mahabarata dan Ramayana.

Dengan adanya kepercayaan yang demikian, maka kesenian dramatari topeng di Desa Jabung dimungkin­kan dapat terus berlangsung sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur; Drs. Risman Marah, Drs. Supriyadi: Topeng Jabung Teater Tradisional Jawa Timur, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan , Jakarta, 1993/1994. hlm.3

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Malang, Th. 1993 dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s