Aroma Purba Batik Ngawi


Batik NgawiBATIK Ngawi menjadi salah seragam wajib bagi pegawai Pemkab Ngawi pada hari Kamis, sebagai upaya mengangkat batik Ngawi di kancah nasional dan dunia. Batik Ngawi sudah ada sejak zaman nenek moyang dan sempat mati suri selama beberapa waktu hingga pemerintah menggiatkan kampanye batik sebagai identitas nasional, perajin batik Ngawi mulai menggeliat lagi.

Pada mulanya membatik hanya menjadi pekerjaan sampingan. Seiring waktu, batik Ngawi mulai menemukan jati dirinya dan perajin pun menjadikannya sebagai mata pencaharian utama. Batik gringsing Ngawi misalnya, batik yang wajib dikenakan pe­gawai Pemkab Ngawi ini adalah batik tulis dengan ciri khas Kota Ngawi, bermotif padi, bambu, dan manusia purba (palu purba).

Motif padi menandai Ngawi sebagai lumbung padi Jawa Timur. Sementara motif bambu menandakan tanaman ulet ini menjadi salah satu kekayaan alam di Ngawi. Motif paling menyolok dalam batik Ngawi adalah palu purba, indetitas Ngawi terkait dengan penemuan manusia purba pertama kali oleh Eugene Dubois di Trinil.

Meski harus bersaing dengan batik dari daerah lain yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat, pemerintah daerah Ngawi terus mempromosikan batik Ngawi ke penjuru negeri. Beberapa kendala seperti kurangnya modal mem- buat produksi batik Ngawi tersendat. Namun, tekad mengenalkan batikNgawi ke masyrakat luas sebagai identitas budaya bangsa membuat pemerintah setempat terus berusaha.

Kebijakan pemerintah mewajibkan pegawai pemkab untuk mengenakan batik Ngawi men­jadi salah satu terobosan yang patut diacungi jempol. Memang, upaya apapun tidak akan berhasil kalau tidak dimulai dari dalam diri sendiri. Dengan kebijakan itu diharapkan akan lebih mempercepat perkembangan batik Ngawi baik di tingkat nasional maupun internasional.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: AYU RATNANING KURNIAT:  SURYA, Jumat, 4 Oktober 2013, hlm. 13

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Ngawi, Seni Budaya, Th. 2013 dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s