Makam Panjang di Leran Kabupaten Gersik


BERBURU KESAKTIAN Dl MAKAM PANJANG

Makam Panjang0002Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur . Di komplek makam Siti Fatimah binti Maimun juga terdapat beberapa makam lain. Menurut Hasyim, makam-makam itu adalah makam para pengikut Siti Fatimah. Selain itu ada pula makam para juru kunci perawat makam tersebut.

Namun dari sekian banyak makam yang ada, tepat di sisi kiri dan kanan atau mengapit jalan menuju bangunan cungkup makam Siti Fatimah, terdapat dua buah makam dengan ukuran yang tidak umum. Makam ini memiliki panjang hingga sekitar tujuh meter. Masyarakat menyebutnya dengan makam panjang, karena memang ukurannya yang sangat panjang. Makam siapakah itu?

Hasyim menjelaskan bahwa dua makam panjang itu adalah makam dari pengawal setia Siti Fatimah semasa hidupnya. Dan makam yang dibuat panjang karena konon waktu itu jasad kedua senopati kerajaan Kedah ini akan dicuri oleh musuh-musuhnya. Karena itu sebelum keduanya meninggal, mereka berpesan agar jasadnya dikubur di dalam liang dengan ukuran sangat panjang. Hal ini untuk mengelabui musuh-musuhnya.

Namun lepas dari cerita itu, Hasyim mengatakan bahwa makam yang panjang itu sebenarnya adalah symbol dari penantian panjang manusia di alam kubur. Karena itu, agar di dalam penantian yang panjang itu bisa hidup tenang, hendaknya manusia selalu membekali dirinya dengan berbagai amal. Sebab amal-amal itulah nantinya yang akan menolong mereka di hari kiamat.

“Ukuran ini sebenarnya hanya simbol sehingga bagi mereka yangtahu akan bisa mengambil hikmahnya,” terang Hasyim.Dan seperti halnya di makam Siti Fatimah, di makam panjang ini sering pula terlihat para peziarah yang berlama- lama berdoa. hanya saja berbeda dengan yang diyakini dari makam Siti Fatimah, makam panjang para pengawal Siti Fatimah ini diyakini ampuh untuk meningkatkan olah kanuragan seseorang. Karena itu kebanyakan mereka yang bermeditasi di tempat ini adalah mereka yang tengah memperdalam  ilmu atau bahkan golongan paranormal *KL@-6

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: LIBERTY, EDISI 2316, 11 – 20 September 2007, hlm. 7

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Gresik, Sosok, Th. 2007, Tokoh Agama dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s