Pantai di Kabupaten Pacitan


Wisata Jawatimuran

Selain goa, Pactian juga memiliki 19 pantai alami yang terbentang sepanjang 79 kilometer dan menghadap ke Samudera Hindia. Berbeda dengan pantai pesisir selatan lainnya yang diwarnai dengan ombak ganas, pantai di Pacitan cukup jinak. Laut di pantai-pantai itu lebih mirip laguna yang tenang.

Topografi sebagian besar pantai menyerupai teluk kecil dilingkupi bukit. Punggung bukit-bukit itu mejadi pemecah ombak alami sehingga laut di pantai-pantai Pacitan cukup tenang dan asyik untuk berenang maupun memancing.

Pantai Teleng dan Pantai Tamperan adalah dua pantai yang paling dikenal oleh wisatawan. Pantai itu hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari alun-alun kota Pacitan sehingga paling mudah dijangkau.

Di bagian barat Pacitan terdapat Pantai Klayar yang masih alami. Di sana banyak batu-batu besar yang beberapa di antaranya mirip sphinx. Yang paling spektakuler, adalah batu berongga yang disebut seruling laut. Setiap kali air laut melewati dan mem- buncah dari rongga itu, akan terdengar suara merdu layaknya seruling yang dimainkan…

Lihat pos aslinya 103 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Pacitan, Th. 2008, Wisata, Wisata Alam dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s