Jenang Apel dari Malang/Batu


Wisata Jawatimuran

Kini, telah tersedia hasil olahan dari buah apel Malang/Batu, mulai sari buah, cuka, jenang, brem, selai dan keripik. Jadi, makin banyak pilihan untuk dijadikan buah tangan.

serba-apel003Produk olahan lain dari apel Malang/Batu yang bisa dijadikan buah tangan yaitu selai dan jenang apel.

Pembuatan jenang apel diolah dari sari pati apel atau disebut bubur apel. Namun kata Indah, beberapa home industri ada juga yang menambahkan ketela atau labu di dalam jenang tersebut.

Buah yang dapat digunakan untuk membuat selai atau jenang adalah buah yang masak tetapi tidak terlalu matang dan tidak ada tanda-tanda busuk. Kulit buah pun dapat digunakan untuk menghasilkan selai atau jenang tersebut.

“Kulit apel tidak perlu dikupas karena kulit apel banyak mengandung pektin,” jelasnya. Pektin adalah sejenis serat makanan yang mudah larut.

Bila dimakan atau dijus dengan dagingnya, akan bermanfaat sebagai pembersih racun dari dalam tubuh. Permintaan konsumen terhadap sari buah dan jenang apel terus meningkat dari waktu…

Lihat pos aslinya 95 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Batu, Malang, Malang [Kota], Sentra, Th. 2005, Wisata, Wisata Kuliner dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s