Monumen Kapal Selam Surabaya (Monkasel)


Wisata Jawatimuran

6 Wisata Air Surabaya, yang selama ini diharapkan, kini telah datang wisata air di Surabaya.

MonkaselMenengok perjalanan sejarah, kapal selam bemomor lambung 410. KRI Pasopati pensiun dari tugasnya sejak 25 Januari 1990. Kapal selam jenis SS tipe Whiskey Class, dibuat di Vladi Wostok, Rusia, 1952. Berpartisipasi di TNI AL sejak 29 Januari 1962. KRI Pasopati bertugas menghancurkan garis lintas musuh dan pengintaian. Satu perannya yang tak terlupakan, aktif langsung di garis depan pada Operasi Trikora, merebut Irian Barat.

“Pembangunan konstruksi monumen dimulai pada Juli 1995, ditandai dengan peletakan batu pertama untuk pondasi oleh Gubernur JawaTimur, ketika itu Basofi Soedirman/’kisah Irpan Harianja, Manager Monkasel.

Saat yang sama, KRI Pasopati 410telah dipotong menjadi 16 bagian di PT. PAL Indonesia. Monkasel resmi dibuka pada 15 Juli 1998, sekaligus menandai beroperasinya sebagai objek wisata di Surabaya.

Monkasel merupakan ejawantah dari konsep utamanya; mewujudkan kawasan wisata di JawaTimur. Sebagai bentuk warisan nilai sejarah cermin Indonesia…

Lihat pos aslinya 140 kata lagi

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Pos ini dipublikasikan di Beranda, Surabaya, Wisata, Wisata Edukasi, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s