Pemetaan Kawasan Risiko Bencana Gunung Kelud


oleh: Jangkar Kelud

jangkarkeludProfil
Gunung kelud seperti halnya gunung api lainnya memiliki kesamaan, yakni dibalik banyaknya manfaat yang dirasakan warga sekitar, namun disisi lain ada ancaman dari aktifitas yang selalu mengancam kehidupan masayrakat yang tinggal diseputaran  gunung kelud, erupsi kelud tahun 2007 membawa perubahan kelud dari kawah menjadi kubah,  yang dibutuhkan perubahan antisipasi dari masyrakat untuk mengurangi risikonya.

Dengan dasar pemikiran ini akhirnya pada bulan agustus 2008 terbentuklah sebuah wadah dari wakil-wakil masyarakat, guru, radio komunitas dan pemerintah dari 3 kabupaten (Blitar, Kediri dan Malang) yang bertujuan untuk melakukan kegiatan pengurangan risiko bencana.

Jangkar kelud dimaknai sebagai “jangkane kawula redi kelud”, jangkane yang bermakna keinginan/harapan, kawula adalah masyarakat, redi kelud adalah gunung kelud. Secara umum Jangkar Kelud berarti keinginan masayarakat gunung Kelud, yang senantiasa berkeinginan untuk rinengkuh kelud hangreksa rahayu, didalam naungan gunung kelud senantiasa menjaga keselamatan.

PETA_ANCAMAN_LETUSAN_GUNUNGAPI_NGANCAR_PLOSOKLATEN_PUNCU_KEPUNG_KEDIRI

Peta Ancaman Letusan Gunungapi Ngancar, Plosoklaten, Puncu, Kepung-Kediri

Jangkar Kelud percaya bahwa untuk melakukan pengurangan risiko bencana yang baik menjadi tanggung jawab semua pihak dan dilakukan sepanjang waktu baik sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana dan setelah terjadi bencana, dan dalam kegiatan pengurangan risiko bencana sebaiknya dilakukan dengan berbasis masyarakat, dikarenakan masyarakat sebagai penerima dampak langsung, selemah-lemahnya masyarakat masih mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan pengurangan risiko bencana, masyarakat lebih paham wilayahnya, namun demikian tidak menutup peran pihak lain baik pemerintah, dunia usaha, maupun lembaga lain yang berkomitmen dalam hal pengurangan risiko bencana.

Kegiatan:
Lokalatih pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat
Kegiatan lokalatih yang diadakan ditiap-tiap desa yang bertujuan untuk memahami bencana, mengenali ancaman, karakter ancaman, menganalisis risiko, kapasitas dan kerentanan, membuat protap/SOP penanggulangan bencana tiap-tiap desa, membuat Rencana Aksi, membuat peta wilayah, dan menyepakati system peringatan dini.

Lokalatih penanggulangan penderita gawat daurat
PPGD atau penanggulangan penderita gawat darurat adalah penguatan kapasitas masyarakat dalam penangganan pada penderita sebelum mendapatkan penanganan medis. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat mempunyai kemampuan untuk memberikan pertolongan pertama dengan benar sebelum ditangani oleh medis.

PETA_RISIKO_LETUSAN_GUNUNGAPI_NGANCAR_PLOSOKLATEN_PUNCU_KEPUNG_KEDIRI

Peta Risiko Letusan Gunungapi Ngancar, Plosoklaten, Puncu, Kepung-Kediri

Pemetaan kawasan risiko bencana
Masing-masing desa melakukan pemetaan wilayahnya untuk mengetahui letak, batas wilayah, daerah rawan, jarak dari ancaman, kapasitas dan kerentanan  dari 6 aspek kehidupan (manusia, social, politik, infrastruktur, ekonomi, lingkungan )dan juga jalur-jalur evakuasi, dengan harapan menjadi sumber informasi bagi masyarakat dan juga pihak-pihak lain.

Penguatan kelembagaan (tim siaga desa)
Dalam kegiatan pengurangan risiko bencana bebasis masyarakat, kelembagaan mempunyai peranan penting, tim siaga desa sebuah tim dari masyarakat yang telah mempunyai ketrampilan dan pengetahuan tentang PBBM dan PPGD merupakan pucuk koordinasi dan penanganan bencana di tingkat desa.

Pokja jangkar kelud
Pokja merupakan wadah atau tempat berkumpul dan berdiskusi semua elemen (masyarakat, pemerintah, dunia usaha, dan ormas) yang terlibat dalam pengurangan risiko bencana g. Kelud dimasing-masing kabupaten (Blitar, Malang dan Kediri) menjadi sebuah kebutuhan untuk menyusun rencana kerja dan perbaikan-perbaikan kegiatan yang telah dilakukan demi tercapainya penanganan bencana gunung Kelud yang lebih baik dimasa mendatang

PETA_ANCAMAN_LONGSOR_NGANCAR_PLOSOKLATEN_PUNCU_KEPUNG_KEDIRI

Peta Ancaman Longsor Ngancar, Plosoklaten, Puncu, Kepung-Kediri

Simulasi dan gladi lapang
Dari tim siaga desa yang telah mempunyai ketrampilan dan pengetahuan dalam kegiatan PRB, bersama dengan semua elemen di masyarakat melakukan latihan bersama untuk menguji protap yang telah disusun dan juga mengasah kemampuan dan kesiap-siagaan tim siaga desa.  Dengan melakukan kegiatan gladi lapang secara berkala diharapkan adanya kepekaan dari semua elemen masyarakat dalam keadaan darurat.

Lokalatih pengurangan risiko bencana berbasis sekolah
Banyaknya sekolah-sekolah yang berada dikawasan rawan bencana menjadikan permasalahan tersendiri dari pihak sekolah dalam penanganan bencana yang terjadi disekolah oleh karena itu diperlukan kegiatan pengurangan risiko bencana berbasis sekolah. Kegiatan yang dilakukan adalah Peningkatan kapasitas para guru tentang PRB dan PPGD, menyusun protap sekolah, menyusun EWS disekolah dan juga pengintegrasian materi-materi PRB dalam mata pelajaran.

System peringatan dini
Informasi yang cepat dan dari sumber yang  tepat sangat membantu dalam kesiapsiagaan masyarakat yang berada di daerah rawan bencana. Untuk kesiapsiagaan, jangkar kelud mempunyai kesepakatan jalur komunikasi dengan mengunakan HT dan radio komunitas, ada 120 HT yang tersebar di 36 desa dan 9 radio komunitas yang tergabung dalam Jaringan Radio Komunitas Jangkar Kelud

Sekertariat :
Jl. PLTA Mendalan Km.5 Desa Pondokagung Kec. Kasembon Malang
e-mail: mbahdharmo41@yahoo.co.id
http://www.Jangkarkelud.blogspot.com
cp. Catur “dharmo” Sudharmanto 081 336 660 033, 085784871121

saka kawah dadi kubah,
rasa iki datan owah
memetri kelud minangka hanungrah

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Jangkar kelud: Rinengkuh Kelud Hangreksa Rahayu [Brosur], Kediri: Jangkar Kelud, 2014.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Blitar, Kabupaten, Kediri, Malang dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Pemetaan Kawasan Risiko Bencana Gunung Kelud

  1. Maskur berkata:

    setiap gunung harusnya

  2. itulah kehebatan negara india namanya juga “in dia” in = di dalam , diam diam 😀 hahahaa

    PAKET WISATA INDONESIA I TOUR WISATA MURAH I JELAJAH NUSANTARA I TRAVEL SENTOSA EXPRESS
    #paketwisataindonesia #wisatajawatimur #paketwisatabali #paketwisatabromo #paketwisatabandung http://www.javatoursurabaya.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s