PROVIL OMAH MUNIR


MUNIR 1OMAH MUNIR adalah sebuah agenda kerja yang menjadikan sosok paling beharga dalam sejarah perjuangan penegakkan HAM di Indonesia, yaitu Munir Sid Thalib (1965-2004), menjadi medium pendidikan HAM di Indonesia melalui bentuk Omah. Dalam kaitan ini, ia menjadi Omah pertama di Indonesia yang dalam hal koleksi dan tema mengangkat masalah-masalah Hak Asasi Manusia.
Diresmikan tanggal 8 Desember 2013, berdiri di rumah pribadi Suciwati yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur, dalam lintasan strategis menuju wilayah wisata kota Batu, Omah ini menyimpan ragam koleksi pribadi almarhum Munir, kisah-ki sah perjuangannya sejak mengawali kari sebagai pengacara di kantor LBH Malanc & Surabaya, sampai dengan masa akhi hidupnya di Jakarta dalam beragam aktivitas kerja yang dilakukannya.
Di luar koleksi pribadi Munir, dan informasi sekitar diri pribadinya, Omah ini juga menyampaikan beragam informasi terkait dengan sejarah perjuangan HAM di Indonesia selama tiga dekade kekuasaan otoriter rezim Orde Baru dan satu setengah dekade periode reformasi, la akan menghimpun isu-isu penting seperti kekerasan negara terhadap individu, persoalan impunitas yang masih berlaku dalam budaya politik Indonesia, dan ter masuk juga kisah-kisah perjuangan para aktivis HAM seperti pernah dicanangkan tokoh-tokoh terdahulu seperti Yap Thian Hiem, HJ.C. Princen dan lainnya.
Selain berbantuk museum, omah munir juga dilengkapi ruang perpustakaan, mini convention, ruang eksibisi, kantin, dan toko souvenir.

VISI MISIMUNIR 2
Visi berfokus pada penciptaan medium populer yang memberikan kepada para audiensnya, tua dan muda, terdidik dan tak terdidik, sebuah gagasan ideal tentang keadilan yang patut menjadi cita- cita perjuangan warga negara yang sadar. Sedangkan Misinya berpijak pada upaya memberikan kelengkapan medium yang menjadi instrumen strategis pendidikan nilai-nilai universal hak asasi manusia kepada para siswa dan pengajar sekolah menengah, mahasiswa perguruan tinggi, dan masyarakat umum. Melalui Omah ini, para pengunjung akan belajar sejarah yang lengkap beragam dimensi persoalan HAM yang ada dalam sejarah Indonesia, dan sekaligus mendapatkan bahan-bahan keleng¬kapan lebih lanjut untuk kegiatan penelitian HAM di Indonesia melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga perguruan tinggi, khususnya dalam bidang hukum dan hakasasi manusia.

MUNIR 3TUJUAN

1. Masyarakat luas dapat mempelajari nilai-nilai HAM universal dalam bahasa yang mudah dipahami melalui sosok Munir sebagai orang yang mendedikasikan hidupnya untuk memperjuangkan nilat-nilai kemanusiaan di Indonesia sesuai dengan norma universal HAM;
2. Membangun karakter pribadi yang memiliki sikap anti-kekerasan, toleran terhadap perbedaan, dan menghargai martabat individual yang menjadi ciri vidual yang menjadi ciri dari keteladanan sosok Munir yang ditampilkan dalam Omah.
3. Mengingatkan orang bahwa perjuangan HAM bukan sebuah perjuangan yang final di era multi-partai dalam politik demokratis Indonesia pasca-reformasi. Masih ada sisi gelap di dalam kehidupan masyarakat yang masih membiarkan para pelaku kejahatan HAM hidup bebas tanpa hukuman, atau dengan kata lain impunitas tetap menjadi bagian dari budaya politikdi Indonesia sekarang ini.

Sumber Brosur Omah munir

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Batu, Wisata Khas dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s