KARTOLO


Kartolo lahir di Pasuruan, 2 Juli 1947. Beragama Islam. Pendidikannya hanya sampai di Sekolah Rakyat selesai tahun 1958 di kota kelahi rannya.
Sebelum mendirikan group lawak Kartolo Cs, pernah bergabung dengan group kesenian ludruk Dwikora, Marinir, RRI dan Persada Lama.
Menikah dengan Kastini dlkaruniai tiga anak masing- masing Kristianing dan Dewi Antriali sedang putra pertamanya meninggal saat melahirkan. Kartolo bersama keluarga tinggal di Jalan Kupang Jaya 1/12-14 Darmo Satelite, telepon (031) 710555 Surabaya.
Namanya tak bisa dipisahkan dengan Kastini, istrinya. Maklum, pasangan ini sama-sama pelawak kondang di Jawa Timur yang bernaung dalam satu groupnya, yakni Kartolo Cs.
Arek Surabaya ini mengaku tak punya kiat khusus hingga eksistensinya bertahan sampai sekarang. Namun tokoh lawak satu ini mengaku tak mau mengandalkan bakat alam semata. “Biasa saja. Belajar dari pengalaman.
Yang penting lagi, mau belajar apa saja untuk menambah wawasan dan pengetahuan,” ujar pelawak yang suka bermain karawitan dan menari ngremong. Meski. hanya berpendidikan formal di Sekolah Rakyat, Kartolo yang mulai berani melawak sejak usia remajatetap rajin mem- baca literatur bahkan senang mencari informasi untuk memperkaya cakrawala sebagai bahan lawakannya yang kreatif.
Kalau hanya mengandalkan bakat alam saja, kata- nya seorang lawak bakal menjadi kering dan tak berkembang. “Padahal, perubahan dan perkembangan masyarakat pencinta seni lawak dewasa ini khan., semakin maju pesat. Tentu saja, hal ini yang menjadi tuntutan dan selera para penontonnya, agar dunia lawak tak akan ditinggalkannya,” katanya.
Segudang pengalamannya, memang patut dicatat tersendiri. Hampir setiap waktu ia mendapat tawaran di luar daerah. Baik itu di JawaTimur, Jateng & DIY, Jabar maupun sampai di luar Jawa. Baginya, ia memang harus siap selama masih dibutuhkan.
Selain mendapat tawaran pentas di luar daerah, ia juga sering di mintai melawak di berbagai perguruan tinggi swasta di Jawa Timur. (AS-4)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: editor Setyo Yuwono Sudikan: Apa & Siapa Orang Jawa Timur Edisi 1995-1996., Semarang: Citra Almamater 1996. hlm. 60 (CB-D13/1996-…)

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Pasuruan, Seniman, Th. 1947, Th. 1996, Tokoh dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s