Bisnis Mawar, Kota Batu


Bisnis Mawar0001KOTA Batu tak hanya dikenal sebagai tempat tujuan wisata dan pusat perkebunan apel, tapi juga menyimpan beragam jenis potensi bisnis, salah satunya adalah harumnya bisnis budidaya mawar. Sentra perkebunan bunga mawar ini terletak di Dusun Brumbungsari, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Hamparan dan aroma bunga mawar di lokasi ini dapat di- hirupdan dinikmati.
Begitu memasuki kawasan Desa Gunungsari, hampir dipastikan semua masyarakat di daerah ini berprofesi sebagai petani bunga mawar. Apalagi permintaan pasarnya yang masih terbuka lebar membuat sebagian besar masyarakat memilih menekuni bisnis bunga mawar, salah satu¬nya adalah Yuliati. Sampai saat ini, jenis bunga mawar yang dikembangkan petani di Desa Gu¬nungsari meliputi bunga mawar merah, merah muda, putih, jingga, dan kuning.
Bisnis Mawar0002Bunga mawar sudah menjadi hal yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, tidak ha¬nya sekadar dinamai sebagai tanaman, melainkan sudah seperti sahabat, sumber penghidu- pan dan harapan dalam kehidupan sehari-hari. “Bila hasil panen bagus, bunga mawar bisa dijual Rp 2.500 hingga Rp 3.000 untuk setiap batang. Permintaan tak hanya di sekitar Kota Malang, namun sudah menyebar di berbagai kota termasuk Surabaya, Solo dan bahkan Bali/’ katanya.
Masa jaya bagi petani mawar biasanya menjelang hari valentine day. Pada hari kasih sayang, ini bisa mendongkrak permintaan bu¬nga mawar. Bahkan harga bunga pun ikut terkerek hingga 150 persen. Permintaan tertinggi dari Jakarta dan Surabaya sebagai pangsa pasar terbesar pada valentine day setiap tahun. Pengiriman bunga ini, biasanya dilakukan empat sampai lima kali dalam sepekan. Bisnis Mawar0003Untuk pengiriman ke kota besar dilakukan secara kolektif oleh Ga- bungan KelompokTani (Gapoktan) mawar.
Pada saat valentine day bunga mawar berwarna merah muda dan putih merupakan yang paling banyak dipesan konsumen. Sesuatu yang wajar jika harga mawar pada hari kasih saying melonjak tajam karena selain produksi turun biaya perawatan juga tinggi. Namun diakui, val¬entine day hanya momen sesaat selanjutnya harga normal karena mawar untuk memenuhi kebutuhan pedagang di luar kota.l
herlina rahmawati/lilies widyaningsih

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Majalah SAREKDA Jawa Timur/edisi 021/2014 halaman 35

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Batu, Sentra, Th. 2014 dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s