Pantai Gua Cina, Kabupaten Malang


Malang memang terkenal dengan pariwisatanya yang lengkap, mulai dari gunung, tebing, air terjun, hingga berbagai jenis pantai jika dikuiijungi satu-satu tidak akan habis dalam sehari. Salah satu pantai di selatan Malangyang masili sedikit diketaliui wisatawan adalah Pantai Gua Cilia.

Pantai Gua Cina0001BANYAK sebutari imtuk Pantai Gua Cina ini. Ada yang memberi julukan perawan yang sedang mekar di Ma- lang, atau eksotisme Malang Selatan, dan entah sebutan apa lagi. Namun yang jelas Pantai Gua Cina yang terle tak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sum- bermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan, ini masih belum begitu ramai karena jarang orang mengetahuinya.
Pantai Gua Cina0005Kesan pertama kali yang muncul adalah Pantai Gua Cina ini sungguh alami dengan warna laut yang jernih dan bersih, dibalut pasir putih yang lembut. Pantai ini memang menawarkan keaslian, pasirnya yang lembut dan putih sehingga membuat pantai ini indah dan asri. Ditambah lagi pemandangan sekeliling yang memesona, berpadu dengan air pantai yang bening dan dingin. Deburan ombaknya yang mengalun terdengar begitu merdu.
Pantai Gua Cina0002Konon, nama pantai ini diawali seki- tar tahun 1930, ketika seorang pengembara Tionghoa dari Surabaya bernama Hing Hook, terdampar di sebuah pan¬tai tersembunyi di Malang Selatan itu, Hati sang pengembara bersedih karena kemiskinan yang terns menderanya. Ia kemudian menyendiri di sebuah gua yang berada di salah satu pulau kecil yang ad a di sana. Dia sendirian, tak ada yang menemani akhirnya maut menjemputnya. Ia meninggal dalam kesepian di gua itu. Jasadnya ditemu- kan beberapa hari kemudian dan dimakamkan penduduk di tempat lain. Sejak saat itu, pantai terkenal dengan nama Pantai Gua Cina.
Bila ingin menuju Pantai Gua Cina dari Malang, arahkan kendaraan menuju Gadang, Turen. Jangan khawatir, karena banyak papan petunjuk sepanjang perjalanan. Sekitar 1,5 km sebelum pantai Sendang Biru, akan bertemu pertigaan. Selanjutnya belok kanan mengarah ke Pantai Bajul Mati. Setelah 5 km, di sebelah kiri jalan ada papan penunjuk Pantai Gua Cina. Lalu belok kiri dan melalui jalan makadam kira-kira 800 meter sampai akhirnya ada loket tiket masuk Pantai Gua Cina.
Pantai Gua Cina0006Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang menawan, Hamparan sawah serta pe~ gunungan kapur yang hijau seolah memanjakan mata. Kini, Pantai Gua Cina yang dikelola Perhutani ini mulai banyak dikenal para pelancong. Setiap akhir pekan pantai ini mulai dipenuhi pengunjung. Mereka berasal dari Sura¬baya, Sidoarjo, Malang, bahkan tidak sedikit turis mancanegara.
Tak salah bila muncul tren baru, Pantai Gua Cina kini sebagai jujugan utama pengunjung. Pantai Gua Cina0004Tren ini muncul mungkin karena orang sudah jenuh dengan pantai-pantai di sekitarnya yang sudah dikenal lebih dulu sehing¬ga butuh suasana baru. Maka, Pantai Gua Cina menjadi pilihartnya.Byan

Pantai Gua Cina0003Bila ingin menuju Panta Gua Cina dari Malang, arahkan kendaraan menuju Gadang, Turen. Jangan khawatir, karena banyak papan petunjuk sepanjang perjalanan. Sekitar 1,5 km sebelum pantai Sendang Biru, akan bertemu pertigaan. Selanjutnya belok kanan mengarah kle Pantai Bajul Mati. Setelah 5 km, di sebelah kiri jalan ada papan penunjuk Pantai Gua Cina. Lalu belok kiri dan melalui jalan macadam kira-kira 800 meter sampai akhirnya ada loket masuk Pantai Gua Cina.

————————————————————————————————————————-

 dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : majalah SAREKDA Jawa Timuran/edisi; 020/2014/halaman 42-43

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Malang, Th. 2014, Wisata, Wisata Alam dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s