Pondok Pesantren Darul Hakam, Tebuireng


Pondok Pesantren Darul Hakam.0002 Pesantren ini pada awalnya hanyalah sebuah asrama/komplek tempat menampung para santri yang belum diterima di pondok sekitar. Mereka belum/tidak diterima di pondok sekitar karena belum memenuhi syarat-syarat tertentu. Jumlahnya lumayan banyak. Karena itu, untuk menampung mereka, maka pada tanggal 19 Pebruari 1991, KH. Abdul Hakam Kholiq (putra tunggal Kiai Kholiq Hasyim) berinisiatif mendirikan wisma tersebut, dan diberi nama Darul Hakam.
Para penghuni asrama Darul Hakam berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka dapat sekolah di mana saja. Rata-rata bersekolah di unit-unit pendidikan di bawah naungan Yayasan Hasyim Asy’ari Tebuireng (SMP, MTs, MA, SMA). Kompleks Darul Hakam letaknya sangat setrategis; berada di pinggir jalan raya Jombang-Kediri-Malang, di antara Pesantren Tebuireng dan Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an. Alamat lengkapnya ialah jalan Irian Jaya no. 40 Tebuireng Jombang, sebelah utara Pondok Pesantren MQ.

Perkembangan
Pondok Pesantren Darul Hakam.0003Waktu terus berjalan. Asrama Darul Hakam kian berkembang. Karena itu, setelah 5 tahun berjalan, sesuai dengan hasil musyawarah keluarga, pada tanggal 29 Mei 2006 asrama Darul Hakam berubah nama menjadi Pondok Pesantren Darul Hakam. Perubahan nama ini tentu saja mempengaruhi perubahan statusnya. Oleh karena itu, Kiai Hakam Kholiq kemudian menjadikannya sebagai yayasan, menjadi Yayasan Darul Hakam, dengan akta notaris Ramlan SH. Sp.N.
Selain bersekolah, para santri Darul Hakam juga melaksanakan kegiatan-kegiatan pengajian kitab secara rutin. Meskipun peraturan di pesantren ini tergolong tidak begitu ketat (bila dibandingkan pesantren sekitar), namun para santri lumayan aktif mengikui kegiatan pengajian. Pondok Pesantren Darul Hakam.0001Hal yang paling ditekankan di sana adalah salat berjamaah.
Kemudian pada hari jum’at, seusai salat jum’at di masjid Tebuireng, para santri Darul Hakam mengikuti acara tahlil bersama di makam keluarga besar Bani Hasyim Tebuireng, dipimpin langsung oleh Kiai Hakam Kholiq. Kegiatan ini dilakukan secara rutin seminggu sekali. Semenjak awal berdirinya hingga kini, Pondok Pesantren Darul Hakam diasuh oleh Kiai Hakam Kholiq. ()

 

 

————————————————————————————————————————-

 dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Profil Pesantren Tebuireng: Pustaka Tebuireng; 2011, halaman 228-230

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Jombang, Th. 2011 dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s