RS. Citra Medika


RS. CITRA MEDIKA (Depan Pabrik Kertas Tjiwi Kimia)
Satu-satunya Rumah Sakit Milik Koperasi

RS. Citra Medika.0003    Prestasi membanggakan patut disematkan ke RS CITRA MEDIKA. Betapa tidak, melalui kegigihan para karyawan Tjiwi Kimia, RS Citra Medika yang hanya bermula dari poliklinik kecil ini bisa menjelma menjadi sebuah rumah sakit swasta type C-Plus yang modern, berteknologi tinggi dengan kapasitas lebih dari 110 tempat tidur. Barangkali, inilah satu-satunya rumah sakit yang bisa mandiri di bawah naungan Koperasi Karyawan PT. Tjiwi Kimia.
Kesan megah langsung terasa saat berkunjung ke Rumah Sakit Citra Medika. Sebuah bangunan tiga iantai berdiri kokoh di atas lahan seluas 10.000 meter dengan luas bangunan 8000 m2. Kemegahan itu semakin komplet karena ditunjang lokasi yang strategis di Jl. Surabaya-Mojokerto Km. 44 Sidoarjo, persis di depan PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia.
RS Citra Medika tidak saja menawarkan kemegahan bangunan, tetapi pelayanan dan fasilitas kesehatan juga sangat diutamakan. Begitu masuk, anda akan disambut petugas jaga dan petugas resepsionis yang ramah. Mereka akan memberikan pelayanan dan perawatan kesehatan terbaik dengan dasar ketulusan hati. Filosofi ini senantiasa melekat dalam hati baik di jajaran manajemen maupun seluruh staf rumah sakit.
Sebagai rumah sakit modern, Citra Medika juga ditunjang peralatan medis yang sangat modern. Tersedia ruang rawat inap mulai dari kelas bangsal hingga VVIP yang semuanya terjaga dengan rapi dan nyaman.

Berawal dari Sebuah Klinik
RS. Citra Medika.0001Sebelum berkembang menjadi rumah sakit swasta type C-Plus, RS Citra Medika mulanya adalah sebuah klinik kecil yang ditujukan untuk melayani karyawan dan anggota keluarga karyawan PT. Tjiwi Kimia. Ide pembentukan klinik tersebut bermula dari RAT Koperasi tahun 1999. Dimana, saat itu ada tuntutan dari anggota untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik dengan membentuk asuransi kesehatan dan poliklinik.
Ide tersebut ditindaklanjuti dengan pembentukan CIKKO (Tjiwi Kimia Karyawan dan Koperasi) PRIMA HUSADA pada tahun 2001, yang mendirikan poliklinik induk dan 3 poliklinik cabang, yakni Poli Tarik, Poli Jetis, dan Poli Gajah Mada Mojokerto.
Tahun 2001, Poliklinik Induk Cikko Prima Husada sudah mulai melayani rawat inap dengan 12 tempat tidur. Selanjutnya, pada Februari 2002, poliklinik induk berubah status menjadi Rumah Sakit Bersalin Cikko Prima Husada dengan 23 tempat tidur. Empat bulan kemudian, Juni 2003, rumah bersalin berubah status menjadi Rumah Sakit Citra Medika dengan kapasitas 30 tempat tidur.
RS Citra Medika, yang pada awalnya hanya diperuntukkan untuk karyawan dan keluarga karyawan PT. Tjiwi Kimia mulai banyak didatangi pasien umum. Untuk menampung itu, RS Citra Medika pun mulai melakukan pengembangan bangunan secara bertahap.
Peletakan batu pertama tiang pancang pembangunan pengembangan RS Citra Medika dimulai Agustus 2005. Tahap pertama pembangunan RS Citra Medika selesai pada Agustus 2006 dan selesai seluruhnya pada Juli 2007. Sementara, ijin operasional rumah sakit dari Dinkes Jawa Timur didapat pada Februari 2006.
Selain itu, RS Citra Medika juga sudah mendapat ijin yang dikeluarakan DEPKES RI melalui KEPMEN RI No.. HK. 07.06/111/4442/ 09 tentang ijin tetap penyelenggaraan operasional RSCM mulai pertanggal 30 Oktober 2009. Sementara, tentang penetapan kelas RS dengan klasifikasi C+ tertuang dalam KEPMEN RI No. 991/MENKES/ SK/XI/2009. Surat penetapan tersebut dikeluarkan tanggal 10 Nopember 2009.*sir

Tiga Layanan Unggulan

Persaingan dan tuntutan masyarakat terhadap peiayanan kesehatan yang bermutu, mendorong RS Citra Medika senantiasa memberikan peiayanan yang terintegrasi. Setidaknya, ada tiga layanan unggulan yang menjadi fokus RS Citra Medika. Yakni. Trauma Center, Obstetric Gynecology dan Teknologi.
TRAUMA CENTER
Ini merupakan pusat peiayanan trauma yang fasilitas kasus trauma yang lengkap ditunjang tenaga ahli yang profesional dan berpengalaman. Terdiri atas ahli bedah syaraf, ahli bedah ortopedik, ahli bidang umum, ahli anastesi dan ahli rehabilitasi medik. Selain itu, ditunjang pula dengan tenaga yang bersertifikat PPGD (Penanganan Pasien Gawat Darurat) dan ATLS (Advance Traumatic Life Support). Dengan fasilitas dan tenaga ahli ini, menjadikan RS Citra Medika yang mampu menangani kasus trauma dengan cepat secara komprehensif dan paripurna.
OBSTETRIC & GYNECOLOGI
Peiayanan ini memfokuskan diri pada peiayanan kesehatan bagi wanita yang bertujuan untuk upaya pencegahan dan deteksi dini kelainan. Dimulai sejak usia pranikah, kehamilan, persalinan, kelainan hormonal, infertilitas, menopouse serta berbagai masalah kandungan seperti kanker dan gangguan haid. Sebagai layanan unggulan, RS Citra Medika menyediakan fasilitas peralatan yang memadai ditunjang tim dokter ahli kebidanan yang profesional dan berpengalaman.

TEKNOLOGI
Diagnosa pemeriksaan pasien selain dilakukan berdasarkan pemeriksaan klinis, diperlukan pula pemeriksaan penunjang yang memadai dengan bantuan teknologi. Untuk menunjang itu, RS Citra Medika telah melengkapi peralatan penunjang medis berteknologi modern. Terbaru adalah CT scan Hi Speed Dual. Alat medis berteknologi modern ini mampu mendeteksi gangguan yang dialami pasien dengan detail. Alat ini unggul karena memiliki daya jelajah yang lebih detail dengan proses yang cepat dan menghasilkan gambar tiga dimensi. Tentu, dengan alat canggih ini keluhan pasien segera bisa terdeteksi dengan tingkat akurasi tinggi. Peralatan modern ini merupakan standar peiayanan rumah sakit masa kini. Barangkali di Sidoarjo, peralatan tersebut baru ada di RS Citra Medika.

Kerjasama Tangani Pasien Bibir Sum
RS. Citra Medika.0002TAK banyak rumah sakit yang mendapat epercayaan untuk menangani pasien bibir sumbing. Salah satu yang mendapat kepercayaan itu adalah RS Citra Medika. Saat ini, RS Citra Medika mendapat kepercayaan bekerjasama dengan Yayasan Smile Train, yang merupakan yayasan sosial dari luar negeri. “Kerjasama tersebut terutama dalam penanganan pasien bibir sumbing secara gratis,” terang Wasis SE, Direktur Administrasi dan Keuangan RS Citra Medika.
Program tersebut merupakan bentuk pelaksanaan misi sosial terhadap pasien bibir sumbing di Indonesia. Untuk tahap awal, RS Citra Medika menangani seratus pasien bibir sumbing. Sementara, tahap kedua akan ada dua ratus kasus pasien bibir sumbing. Dan, selanjutnya akan melakukan pengembangan program sebagai bentuk implementasi dari visi dan misi.
RS. Citra Medika.0004RS Citra Medika ditunjuk sebagai satu- satunya rumah sakit di Sidoarjo yang bisa menangani pasien bibir sumbing. Itu artinya, RS Citra Medika merupakan salah satu rumah sakit yang cukup mendapat perhatian dan kepercayaan di dunia internasional. Harapan ke depannya, rumah sakit ini semakin berkembang dan menjadi rumah sakit pilihan warga Sidoarjo, Mojokerto dan Jawa Timur pada umumnya.
Sebagai rumah sakit yang terus berkembang, manajemen RS Citra Medika senantiasa berbenah. Setidaknya, ada tiga hal yang akan dilakukan. Pertama, meningkatkan peiayanan. Kedua, melebarkan pasar ke pabrik-pabrik terdekat. Dan, ketiga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sehingga RS Citra Medika bisa menjadi rumah sakit rujukan.
RS. Citra Medika.0005Sementara itu, Drs Sunoto Santoso, MBA mengatakan, bahwa keberadaan RS Citra Medika memang tak bisa dilepaskan dari peran serta PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia yang merasa terpanggil untuk turut mendukung perusahaan dalam program kepedulian sosial CSR (Corporate Social Responsibility) yang mengambil tema Tjiwi Kimia Peduli Kesehatan. Sehingga, keberadaan rumah sakit ini juga merupakan bagian dari kepedulian dan tanggung jawab sosial Tjiwi Kimia untuk meningkatkan kualitas kesehatan karyawan, keluarga karyawan, masyarakat sekitar dan masyarakat umum. *sir

RS CITRA MEDIKA
Jl. Raya Surabaya – Mojokerto KM.44 HUNTING 0321-361000 (24 Jam) Telp./Fax: 0321-362858-9/362956

——————————————————————————————————————————

 dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Majalah ZONABIS Volume II, halaman16-17

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesehatan, Th. 2010 dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s