SMA. A. Wahid Hasyim, Tebuireng


SMA. A. Wahid Hasyim.0001Secara struktural, SMA A. Wahid Hasyim (biasa disingkat SMA AWH) berada di bawah naungan Yayasan Hasyim Asy’ari Pondok Pesantren Tebuireng dan dalam pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur. SMA AWH didirikan pada masa kepemimpinan KH.Muhammad Yusuf Hasyim, tepatnya pada tahun 1975, dengan SK Kanwil Depdikbud No.097/PA/PMU/75-76 dan sejak tahun 2005 mendapat status Trakreditasi “A” dan merupakan Sekolah Rintisan Standar Nasional.
Pendirian institusi ini pada awalnya mendapat penentangan keras dari beberapa kalangan, karena dianggap menyalahi tradisi pesantren, namun berkat kesungguhan para pendirinya, hingga kini SMA AWH tetap eksis dan telah banyak berkiprah mencerdaskan kehidupan bangsa. Ribuan alumninya telah tersebar di berbagai pelosok Nusantara.
Jurusan IPA dan IPS merupakan program alternatif pilihan siswa/i SMA AWH. Selain melaksanakan kurikulum nasional, SMA AWH juga menambah kurikulum pesantren (diniyah) yang materi kurikulumnya meliputi akidah ahklaq, tafsir, hadits/ilmu hadits, fiqh, nahwu, shorof, aswaja, dan Sejarah Kebudayaan Islam.
Untuk mendukung peningkatan mutu lulusannya, SMA AWH menyediakan sarana-sarana penunjang seperti Laboratorium Biologi, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Hatspot Area, Ruang Perpustakaan, Ruang OSIS, Ruang Redaksi Buletin, Kopsis, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Musholla, dan Kamar Kecil.
Selain menjalani proses belajar-mengajar, para siswa SMA AWH juga diberi materi tambahan berupa kegiatan ekstra kurikuler, seperti pembinaan Bahasa Arab dan Inggris, Qosidah, Drum Band, Seni Musik, Seni Bela Diri, Olah Raga, Group Pecinta Alam, Pramuka, KIR, Paskibra, Seni Baca Al-Qur’an, Theater, al-Banjari, Tim Olimpiade Sains.
Sejak tahun 2004, SMA AWH selalu mengirimkan siswa-siswinya yang berprestasi, untuk mengikuti pertukaran pelajar (Program AFS) ke Amerika Serikat dan Negara-negara maju lainnya.

————————————————————————————————————————-

 dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Mubarok Yasin, A. dan Fathurrahman Karyadi. Profil Pesantren Tebuireng. Cetakan 1. Jombang, Pustaka Tebuireng: 2011. halaman 171-174

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Jombang, Pandidikan, Th. 2011 dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s