SMP A. Wahid Hasyim, Tebuireng


SMP. P. Wahid Hasyim0002SMP A. Wahid Hasyim (biasa disingkat SMP AWH) merupakan salah satu unit pendidikan di bawah naungan Yayasan Hasyim Asy’ari (Tebuireng-Jombang-Jawa Timur), yang pendiriannya hampir bersamaan dengan SMA A. Wahid Hasyim (tahun 1975). Dalam kurikulumnya, SMP AWH menggabungkan kurikulum Departemen Pendidikan Nasional dengan kurikulum
pesantren (Program Diniyah), sehingga diharapkan lulusan SMP AWH mampu menguasai ilmu pengetahuan umum dengan dasar keagamaan yang kuat. Hingga kini, SMP AWH sudah berhasil meluluskan banyak siswa dengan prestasi yang cukup membanggakan. Pada tahun ajaran 2010-2011, SMP AWH membuka kelas unggulan, yakni International Class Programme (ICP) yang dibina oleh sekolah Center Laboratorium Universitas Negeri Malang, bekerjasama dengan Cambridge International Programme (CIP).
Dengan sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki sendiri, sejak tahun 1991 SMP AWH mendapat status “Disamakan” berdasar SK Depdikbud No. 1616/104/MN/1998, tertanggal 27 Januari 1998. Kemudian pada tahun 2003, SMP AWH mendapat kepercayaan sebagai Sekolah Target (Sekolah Percontohan) serta telah terakreditasi ulang dengan nilai terbaik tingkat SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Jombang (tahun 2003).
Untuk menunjang keberhasilan proses belajar-mengajar, maka SMP AWH menyediakan sarana dan pra sarana yang memadai. Diantaranya 12 ruang belajar yang dilengkapi dengan audio visual (TV & DVD) tiap kelas, dua ruang laboratorium computer ber-AC dengan system jaringan nirkabel, ditambah sarana penunjang belajar LCD proyektor, satu ruang laboratorium bahasa ber-AC dengan system multimedia, 1 ruang laboratorium sains/IPA dengan fasilitas lengkap, satu ruang laboratorium IPS dengan koleksi benda bersejarah/antik, satu ruang bengkel kertaseni untuk praktek keterampilan dan seni rupa/pahat, ruang studio musik untuk praktek ekstrakurikuler musik/band.
SMP AWH juga menyediakan Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Koperasi Sekolah, satu ruang perpustakaan, dua ruang makan siswa, musholla, dan masjid untuk mendukung Full Day School, lapangan olah raga yang luas, dan green bouse (lahan pembibitan dan tanaman obat) untuk praktek KIR.
Sedangkan kegiatan ekstra kurikuler meliputi Kursus Bahasa Inggris (ELC), Kursus Komputer, Sains Club, Theater, Penulisan Karya Ilmiah Remaja (KIR), Seni Baca Al-Qur’an (SBQ), Teknik Informatika Komputer, Banjhari, Palang Merah Remaja (PMR), kegiatan Pramuka, Seni Musik/Band, dan Olah Raga.

————————————————————————————————————————-

 dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Mubarok Yasin, A. dan Fathurrahman Karyadi. Profil Pesantren Tebuireng. Cetakan 1. Jombang, Pustaka Tebuireng: 2011. halaman 161-164

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Jombang, Pandidikan, Th. 2011 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s